23 Maret 2014

Kupu-Kupu Green Baron (Euthalia adonia) Kawin

Jeprat Jepret Canon IXY DIGITAL 510 IS 

Pada suatu siang, saat aku sedang bersiap untuk makan siang, ada seorang teman yang memanggil dan mengajakku ke samping rumah untuk menunjukan sesuatu yang dilihatnya saat sedang buang air kecil. Segera aku mengikuti sambil membawa kamera dan menuju ke tempat yang ditunjukannya. Ketika aku dekati, ternyata ada sepasang kupu-kupu Euthalia adonia atau yang dikenal dengan nama Green baron yang sedang kawin diantara daun-daun kering yang tergeletak di atas tanah.

Karena merasa terganggu dengan kehadiranku, pasangan kupu-kupu Euthalia adonia yang sedang kawin itu beberapa kali terbang berpindah ke tempat yang tidak begitu jauh sebelum akhirnya sang kupu-kupu Euthalia adonia betina terbang, sambil membawa sang kupu-kupu jantan, ke tempat yang cukup tinggi dan hinggap di daun pohon jambu air yang ada di samping rumah.


kupu-kupu Euthalia adonia (Green baron) sedang kawin Kupu-kupu Green Baron (Euthalia adonia) sedang kawin di atas tanah di samping rumah di Jonggol, Bogor, Jawa Barat.


Euthalia adonia_Green Baron_matingSudah beberapa kali sebelumnya aku mendapat kesempatan untuk memotret kupu-kupu yang sedang kawin, namun baru kali ini aku dapat memotret pasangan kupu-kupu yang sedang kawin dengan posisi sayap terbuka. Biasanya sayap kupu-kupu yang sedang kawin itu berada dalam posisi tertutup sehingga aku hanya dapat melihat sisi bawahnya saja. Namun kali ini berbeda, kupu-kupu Green baron (Euthalia adonia) sedang kawin itu sedang berada dalam posisi mengembangkan sayap-sayapnya sehingga aku malah tidak bisa melihat sisi bawah dari sayapnya tersebut.


Klasifikasi ilmiah kupu-kupu Green baron (Euthalia adonia)
Kingdom Animalia Linnaeus, 1758 – hewan
Phylum Arthropoda Latreille, 1829 – hewan berbuku-buku
Class Insecta Linnaeus, 1758 – serangga
Order Lepidoptera Linnaeus, 1758 – kupu-kupu, ngengat
Suborder Glossata Fabricius, 1775
Superfamily Papilionoidea Latreille, [1802]
Family Nymphalidae Rafinesque, 1815 – kupu-kupu “brush-footed
Genus Euthalia Hübner, 1819
Species Euthalia adonia (Cramer, 1780) – Green Baron


Referensi:

  • The Taxonomicon, Taxon: Genus Euthalia Hübner, 1819 (taxonomicon.taxonomy.nl/TaxonTree.aspx?id=32596&src=0&syn=1)
  • Biolib, species Green Baron Euthalia adonia (Cramer, 1780) (www.biolib.cz/en/taxonposition/id446105/)
  • Butterflies of Singapore, Life History of the Green Baron (Euthalia adonia pinwilli) (butterflycircle.blogspot.com/2008/12/life-history-of-green-baron.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar