05 April 2014

Delias hyparete - Painted jezebel

Painted jezebel (Delias hyparete) merupakan salah satu jenis kupu-kupu yang berhasil aku potret dengan menggunakan kamera hape Sony Ericsson k800i sebelum hape tersebut rusak. Waktu itu sang kupu-kupu baru saja keluar dari kepompongnya, jadi aku bisa dengan mudah mengambil gambarnya. Saat itu aku tidak mengetahui apa jenis kupu-kupu yang telah aku potret tersebut dan tidak berusaha untuk mencari informasi mengenainya karena memang saat itu aku hanya tertarik untuk memotretnya saja. Bertahun-tahun kemudian, setelah minat akan serangga semakin bertambah, dan aku mendapat kesempatan untuk melihat dan memotretnya lagi, dengan menggunakan kamera Canon IXY DIGITAL 510 IS, barulah aku berusaha untuk mencari informasi mengenai kupu-kupu ini.

Kupu-kupu Delias hyparete_Painted jezebel_sony ericsson k800iKupu-kupu Painted jezebel (Delias hyparete) yang berhasil aku potret dengan menggunakan hape Sony Ericsson k800i pada tanggal 10 Januari 2010. Kupu-kupu tersebut berada di halaman sebuah tempat fitness di daerah Pasar Induk, Kramat Jati, Jakarta Timur. Saat itu aku masih bekerja di tempat fitness tersebut.


kupu-kupu Delias hyparete_Painted jezebel_menetas3 tahun kemudian, pada Februari 2013, aku menemukan sebuah kepompong dari kupu-kupu Painted jezebel (Delias hyparete) di salah satu tanaman yang ada di rumah bibi. Kepompong tersebut aku simpan sampai akhirnya kupu-kupunya menetas.


kupu-kupu Delias hyparete_Painted jezebel_probosisSaat sedang memperhatikan kupu-kupu Painted jezebel (Delias hyparete) yang baru menetas itu, aku melihat bahwa sepertinya probosis atau mulut penghisapnya yang dapat tergulung itu bercabang 2 ya. Saat itu sang kupu-kupu tersebut sedang menjulur-julurkan probosisnya dan ternyata salah satunya ternyata melilit kakinya sendiri sehingga aku dapat melihat kedua probosisnya tersebut.


Delias hyparete_Painted jezebel_pra pupa-pupaSetahun kemudian, pada Maret 2014, aku mendapatkan lagi beberapa kepompong kupu-kupu Painted jezebel (Delias hyparete) dari pohon delima milik tetangga. Salah satunya masih berada dalam tahap pra-pupa (atas, kanan) dan baru pada sekitar subuh esok harinya, tanggal 9 Maret, ulat tersebut berubah menjadi kepompong (bawah, kiri). Sekitar 8 hari kemudian, pada tanggal 17 Maret, kupu-kupunya menetas pada waktu sekitar subuh juga.


Delias hyparete_kepompongSehari sebelum menetas, warna kepompong kupu-kupu Painted jezebel (Delias hyparete) akan mulai berubah. Dimulai dari bagian mata yang akan tampak mulai menghitam. Selanjutnya perlahan-lahan akan semakin jelas garis atau warna yang terdapat pada bagian sayap. Pada akhirnya nanti tubuh kupu-kupu di dalam kepompong pun akan semakin jelas terlihat yang menandakan bahwa kupu-kupu akan segera menetas. Kupu-kupunya sendiri dapat menetas pada pagi, siang atau sore hari.


Delias hyparete_Painted jezebel_ jantan-atas dan betina-bawah.jpgWarna dan corak pada sayap kupu-kupu Painted jezebel (Delias hyparete) jantan (atas) dan betina (bawah) mempunyai sedikit perbedaan ya seperti terlihat pada gambar. Rentang sayap kupu-kupu Painted jezebel sendiri dapat mencapai 60-75 mm.


Delias hyparete_Painted jezebel_bersayap cacatSalah satu dari kupu-kupu Painted jezebel (Delias hyparete) yang menetas dari kepompong yang aku dapatkan dari pohon delima ternyata memiliki salah satu sayap yang cacat, salah satu sayap bawahnya ada yang tidak terkembang dengan sempurna.


kupu-kupu Delias hyparete_Painted jezebel_menetas_2Menjelang akhir bulan Maret 2014, aku mendapatkan sebuah kepompong lagi dari pohon pisang yang ada di belakang rumah di Jonggol, Bogor, Jawa Barat. Awalnya aku mengira itu berasal dari jenis kupu-kupu yang berbeda karena pada kepompongnya terdapat warna dan bercak-bercak hitam yang tidak aku temukan pada kepompong-kepompong yang aku dapatkan dari pohon delima sebelumnya. Namun setelah menetas, ternyata kupu-kupunya dari jenis Painted jezebel (Delias hyparete) juga.


Klasifikasi ilmiah kupu-kupu Delias hyparete

  • Kingdom: Animalia Linnaeus, 1758 – hewan
  • Phylum: Arthropoda Latreille, 1829 - hewan berbuku-buku
  • Class: Insecta Linnaeus, 1758 – serangga (insects)
  • Order: Lepidoptera Linnaeus, 1758 – kupu-kupu (butterflies), ngengat (moths)
  • Suborder: Glossata Fabricius, 1775 – kupu-kupu dan ngengat yang mempunyai probosis yang dapat tergulung.
  • Superfamily Papilionoidea Latreille, [1802], sedis mutabilis* – kupu-kupu (butterflies)
  • Family Pieridae Swainson, 1820 – (white and sulphur butterflies)
  • Subfamily Pierinae Swainson, 1820 – (white butterflies)
  • Genus Delias Hübner, [1819]
  • Species Delias hyparete (Linnaeus, 1758) – Painted Jezebel

*posisi taksonnya dapat berubah


Referensi:

  • The Taxonomicon, Taxon: Genus Delias Hübner, [1819] (taxonomicon.taxonomy.nl/TaxonTree.aspx?id=31473&src=0&syn=1)
  • Biolib, species Painted Jezebel Delias hyparete (Linnaeus, 1758) (www.biolib.cz/en/taxonposition/id630606/)
  • Butterflies of Singapore, Life History of the Painted Jezebel (butterflycircle.blogspot.com/2013/05/life-history-of-painted-jezebel.html)
  • Wikipedia, Delias hyparete (en.wikipedia.org/wiki/Delias_hyparete)
  • Wikipedia, Pierinae (en.wikipedia.org/wiki/Pierinae)
  • Wikipedia, Pieridae (en.wikipedia.org/wiki/Pieridae)
  • Wikipedia, Papilionoidea (en.wikipedia.org/wiki/Papilionoidea)
  • Wikipedia, Glossata (en.wikipedia.org/wiki/Glossata)
  • Wikipedia, Lepidoptera (en.wikipedia.org/wiki/Lepidoptera)

1 komentar: