13 Juni 2015

Lalat sinyal: Scholastes cinctus – famili Platystomatidae

Ternyata lalat juga bisa 'cantik'
Jeprat jepret Canon IXY DIGITAL 510 IS – Januari 2013

aIMG_7365Pada suatu siang aku melihat ada seekor lalat yang hinggap di salah satu daun tanaman yang ada di halaman belakang rumah di Jonggol, Bogor, Jawa Barat. Tidak seperti jenis lain yang pernah aku lihat sebelumnya, lalat yang baru pertama kali aku lihat itu ternyata mempunyai warna yang cukup 'cantik' ya.


Setelah beberapa waktu mencari informasi melalui internet mengenai lalat 'cantik' tersebut, akhirnya aku tahu juga apa jenisnya. Ternyata lalat tersebut berasal dari keluarga lalat sinyal dengan nama ilmiah Scholastes cinctus.


aIMG_7371-vertSayangnya, setelah itu aku belum pernah lagi menjumpai lalat 'cantik' ini, baik di halaman belakang atau pun di tempat lainnya.


aIMG_7365-tile

Klasifikasi ilmiah lalat sinyal Scholastes cinctus
Kerajaan Animalia Linnaeus, 1758 – hewan
Filum Arthropoda Latreille, 1829 – hewan berbuku-buku
Kelas Insecta Linnaeus, 1758 – serangga
Ordo Diptera Linnaeus, 1758 – lalat, nyamuk
Subordo Brachycera Schiner, 1862 – lalat
Infraordo Muscomorpha
Superfamili Tephritoidea
Famili Platystomatidae Schiner, 1862signal flies
Genus Scholastes Loew 1873
Spesies Scholastes cinctus Guerin-Meneville, 1831

Sinonim Acinia faceistriata – Acinia faciestriata – Lamprogaster marginifera – Lamprogaster transversa – Scholastes whitneyi


Referensi

1 komentar:

  1. Apakah lalat itu termasuk jenis hama? Saya menemukan lalat jenis itu di perkebunan saya

    BalasHapus