22 Mei 2014

Kumbang tanduk panjang: Palimna annulata

aIMG_5755-vert-horz

Pada saat datang berkunjung dan menginap di rumah mertua yang berada di Ponorogo (Jawa Timur) pada bulan Mei 2014, aku mendapat kesempatan untuk melihat kumbang tanduk panjang (Cerambycidae) dari jenis Palimna annulata. Ini merupakan kali pertama aku melihat kumbang tanduk panjang jenis ini ya. Kumbang tanduk panjang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama longhorn beetles, long-horned beetles atau longicorns.

Saat itu aku sedang mengajak kedua anak lelakiku bermain di halaman rumah mertua. Pada suatu ketika si bungsu Ilyasa yang baru berusia sekitar 1,5 tahun tiba-tiba memanggil-manggilku sambil tangannya menunjukan sesuatu yang berada di atas tanah di dekatnya. Ketika aku perhatikan, ternyata itu adalah seekor kumbang tanduk panjang dari jenis yang belum pernah aku lihat sebelumnya. Segera saja aku dan anak-anakku berkumpul dan memperhatikan kumbang tersebut sebelum akhirnya kumbang tersebut aku letakan pada batang pohon melati yang ada di halaman rumah mertuaku itu. Beberapa waktu kemudian kumbang tersebut pun pergi entah kemana tanpa aku sempat melihatnya lagi.

Beberapa waktu kemudian, setelah aku sekeluarga kembali ke Jakarta, melalui sebuah grup Entomology yang ada di Facebook, aku akhirnya mendapat keterangan mengenai jenis kumbang tanduk panjang yang aku temukan di halaman rumah mertuaku itu.  


aIMG_5755Kumbang tanduk panjang Palimna annulata yang baru pertama kali aku lihat itu sepertinya tidak merasa terganggu ketika aku menangkap dan meletakannya di jariku. Ia diam saja sehingga memudahkanku untuk dapat mengambil beberapa fotonya.


aIMG_5767Kumbang tanduk panjang Palimna annulata tersebut sempat aku letakan di sebatang bilah bambu sebelum akhirnya aku pindahkan ke pohon melati yang ada di dekatnya. Saat berada di batang pohon melati, aku sempat melihatnya mencoba mengigiti kulit batang kayu pohon melati tersebut. Belakangan aku baru aku tahu bahwa ternyata larva kumbang tanduk panjang ini biasanya mengebor ke dalam kayu dan dapat menyebabkan kerusakan pada batang kayu hidup atau pun kayu yang telah ditebang.


Klasifikasi ilmiah Palimna annulata
Kingdom Animalia Linnaeus, 1758 - animals
Phylum Arthropoda Latreille, 1829 - arthropods
Class Insecta Linnaeus, 1758 - insects
Order Coleoptera Linnaeus, 1758 - beetles
Family Cerambycidae Latreille, 1802 - long-horned beetles
Genus Palimna Pascoe, 1862
Species Palimna annulata (Olivier, 1792)

Synonym:
Golsinda tesselata Pascoe, 1857
Lamia nodulosa Schönherr, 1817
Palimna tesselata (Pascoe) Pascoe, 1865
Cerambyx annulatus Olivier, 1792

Foto-foto kumbang tanduk panjang (Cerambycidae): Palimna annulata merupakan hasil jeprat jepret kamera Canon IXY DIGITAL 510 IS.


Referensi:

  • Facebook, Entomology (group) (https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10202437013749525&set=bc.Aboq0PqmFwxBZaLY1HoPcZ7O0-4yWLw2HWPWd_pV0HRvrbxCOvf9TgANqqUOsyXirsa8-MchftYHlEEjrazRCX9ON6WDqqpNQII1ZsWji6j3MyRDlRaNDGmLtq33q7OyLiofafZnrtDJwDu7mdN4wKzA&type=1&opaqueCursor=Abowy0e1wF-a83fOb-wPAtueLRkvGea78WBsZ9Coi-9J8i_FY78Xr0jmse5dJpuhOThePauyps4n7R4M7m9MWn6ud4cVQY66ysguaLWvsW7W_H6slUWL0RmYzCXtkhUFMdqSDFMFz_0svK030RO4oj7-WcbFqdTfK1uZB_OJue0G2H5zNtcQDToPWaxn3UqeE_KYLO5DmUTXqd9G3Ls2-g1MluZWESTgUQeKU7Eme7w7Dw&theater)
  • The Taxonomicon, Taxon: Genus Cerambyx Linnaeus, 1758 (http://taxonomicon.taxonomy.nl/TaxonTree.aspx?id=26640&src=0&syn=1)
  • Biolib, species Palimna annulata (Olivier, 1792) (http://www.biolib.cz/en/taxonposition/id253384/)
  • Wikipedia Indonesia, Palimna annulata (http://id.wikipedia.org/wiki/Palimna_annulata)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar