13 May 2014

Kumbang koksi: Cheilomenes sexmaculata

Pada saat berkunjung dan menginap kembali di rumah mertua di daerah Ponorogo (Jawa Timur) pada bulan Mei 2014, aku menemukan beberapa jenis kumbang koksi yang tinggal di beberapa tanaman yang ada di halaman rumah mertua. Salah satunya adalah kumbang koksi dari jenis Cheilomenes sexmaculata.

Karena pola pada sayap elitranya hampir sama, aku sempat mengiranya sebagai kumbang koksi jenis Coccinella transversalis. Namun setelah memperhatikan dengan lebih teliti lagi, ternyata ada beberapa perbedaan yang aku temukan terutama pada bagian kepalanya yang mempunyai warna dan pola yang berbeda. Setelah berusaha mencari informasi melalui internet, akhirnya aku mengetahui bahwa ternyata kumbang koksi tersebut berasal dari jenis Cheilomenes sexmaculata.

Kumbang koksi Cheilomenes sexmaculata sedang mencari makan berupa seranga kecil di salah satu daun pohon terong yang ada di halaman samping rumah mertua.Kumbang koksi Cheilomenes sexmaculata sedang mencari makan berupa seranga kecil di salah satu daun pohon terong yang ada di halaman samping rumah mertua.


Sepasang kumbang koksi Cheilomenes sexmaculata yang sedang kawin aku temukan di balik salah satu daun tanaman kacang yang berada di halaman depan rumah mertua. Pasangan kumbang tersebut tampaknya merasa terganggu dengan kehadiranku sehingga berusaha menghindar dan bersembunyi di balik dedaunan. Ternyata selain proses perkawinan, proses lainnya seperti bertelur, berganti kulit, menjadi pupa dan menetas dilakukan oleh kumbang koksi ini saat hari gelap ya.Sepasang kumbang koksi Cheilomenes sexmaculata yang sedang kawin aku temukan di balik salah satu daun tanaman kacang yang berada di halaman depan rumah mertua. Pasangan kumbang koksi tersebut tampaknya merasa terganggu dengan kehadiranku sehingga berusaha menghindar dan bersembunyi di balik dedaunan. Ternyata selain proses perkawinan, proses lainnya seperti bertelur, berganti kulit, menjadi pupa dan menetas dilakukan oleh kumbang koksi ini saat hari gelap ya.


Di salah satu daun tanaman terong yang lain aku menemukan ada seekor larva kumbang koksi yang sedang mondar mandir mencari makanan. Sayangnya ketika keesokan harinya aku ingin memotretnya, ternyata larva tersebut telah berubah menjadi pupa atau kepompong. Selama beberapa hari berikutnya aku menyempatkan diri untuk selalu memeriksanya sampai akhirnya menetaslah seekor kumbang koksi Cheilomenes sexmaculata dari kepompong tersebut pada suatu pagi.Di salah satu daun tanaman terong yang lain aku menemukan ada seekor larva kumbang koksi yang sedang mondar mandir mencari makanan. Sayangnya ketika keesokan harinya aku ingin memotretnya, ternyata larva tersebut telah berubah menjadi pupa atau kepompong. Selama beberapa hari berikutnya aku menyempatkan diri untuk selalu memeriksanya sampai akhirnya menetaslah seekor kumbang koksi Cheilomenes sexmaculata dari kepompong tersebut pada suatu pagi.


kumbang koksi Cheilomenes sexmaculata

Klasifikasi ilmiah kumbang koksi Cheilomenes sexmaculata
Kingdom Animalia Linnaeus, 1758 – animals
Phylum Arthropoda Latreille, 1829 – arthropods
Class Insecta Linnaeus, 1758 – insects
Order: Coleoptera Linnaeus, 1758 – beetles
Family: Coccinellidae Latreille, 1807 – ladybird beetles
Genus: Cheilomenes Chevrolat in Dejean, 1837
Species: Cheilomenes sexmaculata (Fabricius, 1781)

Synonym:
Chilomenes quadriplagiata (Swartz in Sch├Ânherr, 1808)
Coccinella sexmaculata Fabricius, 1781
Menochilus sexmaculatus (Fabricius, 1781) Timberlake, 1943

kumbang koksi Cheilomenes sexmaculata

Referensi:

  • The Taxonomicon, Taxon: Genus Cheilomenes Mulsant, 1850 (http://taxonomicon.taxonomy.nl/TaxonTree.aspx?id=1141519)
  • Biolib, species Cheilomenes sexmaculata (Fabricius, 1781) (http://www.biolib.cz/en/taxonposition/id548308/)
  • Wikipedia, Cheilomenes (http://en.wikipedia.org/wiki/Cheilomenes)

No comments:

Post a Comment