19 Juni 2014

Ochthera sp., Lalat unik dengan kaki depan yang menyerupai bentuk kaki depan belalang sembah

Jeprat jepret Canon IXY DIGITAL 510 IS (2014)

Pada suatu pagi yang mendung, aku melihat ada seekor lalat kecil yang sedang hinggap di tiang besi yang ada di halaman belakang rumah di Jonggol, Bogor, Jawa Barat. Awalnya aku tidak melihat ada yang menarik dari lalat kecil tersebut. Tetapi ketika ia mulai bergerak, barulah aku menyadari ada sesuatu yang aneh. Kaki depan lalat tersebut ternyata menyerupai bentuk kaki depan dari belalang sembah (mantis). Segera saja aku mengambil kamera dan berusaha untuk mendapatkan fotonya. Walau tidak mendapat hasil yang cukup jelas, karena cuaca yang sedang mendung saat itu, tetapi aku cukup puas dengan beberapa foto yang berhasil aku dapatkan sebelum akhirnya lalat unik itu terbang entah kemana.


Ochthera sp_IMG_6436Melalui internet, aku mendapat sedikit informasi mengenai lalat unik ini. Ternyata lalat ini berasal dari jenis Ochthera sp.


Ochthera sp_6448-vertLalat dengan panjang sekitar 4-5 mm dari genus Ochthera ini mempunyai kaki depan yang meyerupai bentuk kaki depan dari belalang sembah. Kaki depan yang besar dan berkait itu digunakan untuk menangkap dan memegang mangsanya.


lalat sembah_IMG_6461-tileDari data yang ada di situs “Wikipedia”, tertulis ada 37 spesies lalat dari genus Ochthera ini yang tersebar di seluruh dunia. Sementara pada situs “Animal Diversity Web (ADW)”, tercatat ada 54 spesies. Melihat jumlahnya, aku merasa beruntung bisa melihat salah satu jenis lalat unik ini ya.


Klasifikasi Ilmiah lalat Ochthera sp.
Kingdom  Animalia Linnaeus, 1758 - animals
Phylum    Arthropoda Latreille, 1829 - arthropods
Class       Insecta Linnaeus,1758 - Insects
Order       Diptera Linnaeus, 1758 - true flies, mosquitoes and gnats
Family      Ephydridae - shore flies
Genus      Ochthera Latreille, 1802


Referensi:

  • Animal Diversity Web (ADW), Ochthera (http://animaldiversity.ummz.umich.edu/accounts/Ochthera/classification/)
  • Systema Naturae 2000, Superfamily Ephydroidea (http://sn2000.taxonomy.nl/Parker/1982/Classification/..%5C..%5C..%5CMain%5CClassification%5C147805.htm)
  • Wikipedia, Ochthera (http://en.wikipedia.org/wiki/Ochthera)

2 komentar: