12 July 2014

Jeprat Jepret Ngengat: Cyana sp.

Klasifikasi ilmiah ngengat Cyana sp.
Kingdom: Animalia Linnaeus, 1758 – hewan
Phylum: Arthropoda Latreille, 1829 – hewan beruas
Class: Insecta Linnaeus, 1758 – serangga
Order: Lepidoptera Linnaeus, 1758 – ngengat, kupu-kupu
Family: Arctiidae Leach, 1815 - tiger moths
Genus: Cyana Walker, 1854

1. Cyana conclusa (Walker, 1862)

Jeprat jepret hape Sony Ericsson k800i (2010)

Sinonim: Bizone conclusa Walker, 1862
               Chionaema conclusa

Pada suatu malam pada akhir September 2010, saat masuk ke kamar mandi untuk buang air kecil, aku melihat ada sejenis ngengat yang hinggap di dinding dalam kamar mandi. Kamar mandi tersebut memang berada di luar dan berhadapan langsung dengan halaman belakang rumah di Jonggol (Bogor-Jawa Barat). Sementara pintu kamar mandi biasanya selalu terbuka jika tidak ada orang di dalamnya. Untunglah esoknya ngengat tersebut masih berada di dalam kamar mandi tersebut sehingga aku dapat mengeluarkan dan mengambil beberapa fotonya dengan kamera hapeku yang saat itu masih berfungsi dengan baik.

Menurut situs 'The Moths of Borneo', ngengat Cyana conclusa, yang aku temukan pada September 2010 ini, merupakan salah satu jenis ngengat yang cukup langka dalam genus Cyana. Menurut situs 'The Moths of Borneo', ngengat Cyana conclusa, yang aku temukan pada September 2010 ini, merupakan salah satu jenis ngengat yang cukup langka dalam genus Cyana.


2. Cyana perornata (Walker, 1854)

Jeprat jepret Canon IXY DIGITAL 510 IS (2013)

Sinonim: Bizone perornata Walker, 1854
Chionaema perornata

3 tahun kemudian, pada Januari 2013, di kamar mandi yang sama, aku menemukan lagi seekor ngengat dari genus yang sama dari yang sebelumnya, yaitu Cyana perornata.  3 tahun kemudian, pada Januari 2013, di kamar mandi yang sama, aku menemukan lagi seekor ngengat dari genus yang sama dari yang sebelumnya, yaitu Cyana perornata.  Karena hape Sony Ericsson k800i-ku sudah rusak saat itu, jadi aku mengambil fotonya dengan menggunakan kamera Canon peninggalan almarhumah adikku.


3. Kepompong ngengat Cyana sp. yang unik

Jeprat jepret Canon IXY DIGITAL 510 IS (2014)

Pada Maret 2014, ketika sedang ke kebun yang letaknya tidak begitu jauh dari rumah di Jonggol, aku menemukan beberapa kepompong dari ngengat Cyana sp. yang unik yang menempel di dinding rumah yang ada di kebun.Pada Maret 2014, ketika sedang ke kebun yang letaknya tidak begitu jauh dari rumah di Jonggol, aku menemukan beberapa kepompong dari ngengat Cyana sp. yang unik yang menempel di dinding rumah yang ada di kebun. Sayangnya dari beberapa kepompong yang akhirnya aku simpan, tidak ada satu pun yang menetas.


Referensi:

  • Biolib, Cyana conclusa (Walker, 1862) (http://www.biolib.cz/en/taxonposition/id789600/)
  • Biolib, Cyana perornata (Walker, 1854) (http://www.biolib.cz/en/taxonposition/id789601/)
  • fobi, Cyana perornata (http://www.fobi.web.id/v/lepido/f-arc/cya-per)
  • Moth Life, Cyana sp., Lithosiinae, Arctiidae (http://fyeahcutemoths.tumblr.com/post/34684513028/sinobug-cyana-sp-lithosiinae-arctiidae-this)
  • The Moths of Borneo, Tribe Nudariini – Cyana perornata (http://www.mothsofborneo.com/part-7/nudariini/nudariini_1_1.php)
  • The Moths of Borneo, Tribe Nudariini – Cyana conclusa (http://www.mothsofborneo.com/part-7/nudariini/nudariini_1_3.php)
  • Wikipedia, Cyana conclusa (http://en.wikipedia.org/wiki/Cyana_conclusa)
  • Wikipedia, Cyana perornata (http://en.wikipedia.org/wiki/Cyana_perornata)

No comments:

Post a Comment