04 March 2014

Siklus Hidup Kumbang koksi Henosepilachna vigintioctopunctata

Nama umum: 28-spotted potato ladybird, Twenty Eight Spot Ladybird, Hadda beetle

Pada awalnya kumbang koksi dari jenis Henosepilachna vigintioctopunctata ini tidak tinggal di halaman belakang rumah di Jonggol (Bogor-Jabar). Namun setelah aku menanam Pare atau paria (Momordica charantia), tiba-tiba saja mereka mulai muncul dan tinggal di tanaman pare tersebut.

Tidak seperti kumbang koksi lain yang pernah tinggal di halaman belakang sebelumnya, Coccinella transversalis dan Coelophora inaequalis yang memakan serangga kecil, kumbang koksi Henosepilachna vigintioctopunctata  ini ternyata memakan tanaman pare yang aku tanam. Kumbang koksi ini berkembang biak dengan cukup cepat dan akhirnya merusak semua tanaman pare yang ada.


siklus hidup kumbang koksi Henosepilachna vigintioctopunctataKumbang koksi Henosepilachna vigintioctopunctata merupakan salah satu jenis serangga yang mengalami metamorfosis sempurna dimana siklus hidupnya dimulai dari telur, larva, pupa atau kepompong dan akhirnya menjadi seranga dewasa (imago).


kumbang koksi Henosepilachna vigintioctopunctata bertelurSetelah melakukan perkawinan, kumbang koksi Henosepilachna vigintioctopunctata betina akan mulai bertelur (atas). Beberapa hari kemudian, telur-telurnya yang berwarna kuning dengan panjang sekitar 1,5 mm tersebut akan mulai menetas (bawah).


larva dan pupa kumbang koksi Henosepilachna vigintioctopunctataLarva kumbang koksi Henosepilachna vigintioctopunctata akan memakan jaringan lembut dari daun pare (atas, kiri) dan akan mencapai ukuran maksimal dalam waktu sekitar 1-2 minggu. Setelah itu larva akan mencari tempat untuk menjadi pupa atau kepompong (atas, kanan). Setelah sekitar seharian berdiam diri, akhirnya larva akan berubah menjadi kepompong (bawah, kiri). Beberapa hari kemudian kumbang koksi Henosepilachna vigintioctopunctata dewasa akan menetas dari kepompong tersebut (bawah, kanan). Saat menjadi larva, kumbang koksi Henosepilachna vigintioctopunctata akan memakan jaringan daun dari bagian bawah, sementara ketika sudah menjadi dewasa, kumbang koksi Henosepilachna vigintioctopunctata akan memakan jaringan daun dari bagian atas.


kumbang koksi Henosepilachna vigintioctopunctata menetasSaat baru menetas, sayap elitra kumbang koksi Henosepilachna vigintioctopunctata berwarna kuning dan pola titik-titik hitamnya belum tampak. Dalam beberapa jam kemudian barulah warna sayapnya itu perlahan-lahan akan berubah dan pola titik-titik hitamnya pun akan muncul. Kumbang koksi Henosepilachna vigintioctopunctata dewasa mempunyai ukuran panjang sekitar 7-8 mm dengan 13 titik hitam pada masing-masing sayap elitranya dan sisa titik hitam lainnya terdapat pada bagian thoraknya.


kumbang koksi Henosepilachna vigintioctopunctata matiKadang kumbang koksi Henosepilachna vigintioctopunctata diserang oleh semacam parasit sehingga akhirnya mati saat menjadi kepompong. Kepompong yang mati akan berwarna coklat (atas). Dan ada kalanya kematian itu datang saat kumbang koksi Henosepilachna vigintioctopunctata baru menetas (bawah).


kumbang koksi Henosepilachna vigintioctopunctata kawinSetelah menjadi dewasa, kumbang koksi Henosepilachna vigintioctopunctata jantan akan berusaha melakukan perkawinan dengan kumbang koksi betina yang ditemuinya. Setelah perkawinan terjadi, kumbang betina itu akan mulai bertelur dan siklus kehidupan kumbang koksi Henosepilachna vigintioctopunctata yang baru akan dimulai lagi. Selama hidupnya, kumbang koksi Henosepilachna vigintioctopunctata betina dapat bertelur sampai sekitar 300-400 butir. Telur-telur, dan juga larva kumbangnya dapat ditemukan pada bagian bawah daun.


Klasifikasi ilmiah kumbang koksi Henosepilachna vigintioctopunctata
Kingdom Animalia Linnaeus, 1758 - hewan
Phylum Arthropoda Latreille, 1829 – hewan berbuku-buku
Class Insecta Linnaeus, 1758 - serangga
Order Coleoptera Linnaeus, 1758 - kumbang
Suborder Polyphaga Emery, 1886
Superfamily Cucujoidea Latreille, 1802
Family Coccinellidae Latreille, 1807 – kumbang koksi
Genus Henosepilachna Li & Cook, 1961
Species Henosepilachna vigintioctopunctata (Fabricius, 1775)

Synonym:
Coccinella vigintioctopunctata Fabricius, 1775
Epilachna vigintioctopunctata (Fabricius, 1775)
Coccinella sparsa Herbst, 1786
Coccinella pardalis Boisduval, 1835
Coccinella undecimvariolata Boisduval, 1835
Epilachna gradaria Mulsant, 1850
Epilachna territa Mulsant, 1850


Referensi:

  • The Taxomicon, Taxon: Genus Henosepilachna Li & Cook, 1961 (taxonomicon.taxonomy.nl/TaxonTree.aspx?id=1309271&src=0&syn=1)
  • Biolib, 28-spotted potato ladybird Henosepilachna vigintioctopunctata (Fabricius, 1775) (www.biolib.cz/en/taxonposition/id551706/)
  • Wikipedia, Henosepilachna vigintioctopunctata (en.wikipedia.org/wiki/Henosepilachna_vigintioctopunctata)
  • Wikispecies, Epilachna vigintioctopunctata (species.wikimedia.org/wiki/Epilachna_vigintioctopunctata)
  • Brisbane Insects, 28-spotted Potato Ladybird - Epilachna vigintioctopunctata (synonym Henosepilachna vigintioctopunctata) (www.brisbaneinsects.com/brisbane_ladybirds/28-spotted.html)

No comments:

Post a Comment