09 Maret 2014

Kumbang koksi: Coccinella transversalis

Nama umum: Transverse ladybird atau Transverse lady beetle

Kumbang koksi Coccinella transversalis merupakan jenis kumbang koksi yang pertama kali aku temukan di halaman belakang rumah di Jonggol (Bogor-Jabar) ketika aku baru mulai datang dan tinggal di Jonggol bersama almarhum Papa.

Kumbang koksi Coccinella transversalis ini berkeliaran di rerumputan dan tanaman liar yang ada di halaman belakang untuk mencari makanannya yang berupa serangga kecil seperti kutu daun (aphids). Pergerakannya yang lincah saat mencari makan, dan warnanya yang mencolok diantara hijaunya daun dan rerumputan, membuatnya mudah ditemukan. Aku seringkali memperhatikan kumbang-kumbang koksi Coccinella transversalis ini saat sedang memasak atau mencuci piring karena kebetulan tempat aku memasak atau mencuci piring itu berhadapan langsung dengan halaman belakang rumah.


Kumbang Koksi Coccinella transversalisKumbang koksi Coccinella transversalis berukuran panjang sekitar 3,8 - 6,7 mm dengan lebar sekitar 3,3 - 5,45 mm


Kumbang Koksi Coccinella transversalis_1Kumbang koksi Coccinella transversalis ini mempunyai kepala yang berwarna hitam. Dan seperti yang terdapat pada kebanyakan jenis kumbang koksi lainnya, kumbang koksi Coccinella transversalis ini pun mempunyai beberapa variasi warna pada sayap elitranya seperti terlihat pada foto-foto di atas yang aku ambil dengan menggunakan kamera Hape Sony Ericsson k800i.


larva Kumbang Koksi Coccinella transversalisBaik larva maupun kumbang koksi Coccinella transversalis dewasa, keduanya sama-sama mencari makanan yang sama yang berupa serangga kecil seperti kutu daun (aphids). Dan seperti halnya kumbang koksi dewasa, larva kumbang koksi Coccinella transversalis juga bergerak dengan lincah diantara daun dan rerumputan dalam mencari makanannya. Larva kumbang koksi Coccinella transversalis dapat mencapai panjang sekitar 7 mm.


Kumbang Koksi Coccinella transversalis baru menetasSaat baru menetas, sayap elitra Kumbang koksi Coccinella transversalis berwarna kuning dengan pola yang belum tampak. Dalam beberapa jam kemudian, perlahan-lahan pola dan warna sayap elitranya tersebut akan berubah.


Kumbang Koksi Coccinella transversalis kawinSaat bertemu dengan betina, kumbang koksi Coccinella transversalis jantan akan berusaha untuk mengawininya. Kadang kumbang koksi betina akan terus berjalan kesana kemari untuk mencari makan sambil membawa-bawa kumbang jantan di punggungnya.


Kumbang Koksi Coccinella transversalis siklusSiklus hidup kumbang koksi Coccinella transversalis.


Klasifikasi ilmiah Kumbang koksi Coccinella transversalis
Kingdom Animalia Linnaeus, 1758 – hewan
Phylum Arthropoda Latreille, 1829 – hewan berbuku-buku
Class Insecta Linnaeus, 1758 - serangga
Order Coleoptera Linnaeus, 1758 – kumbang
Suborder Polyphaga Emery, 1886
Superfamily Cucujoidea Latreille, 1802
Family Coccinellidae Latreille, 1807 – kumbang koksi
Genus Coccinella Linnaeus, 1758
Species Coccinella transversalis Fabricius, 1781

Synonym: Coccinella repanda Thunberg, 1781   
                 Coccinella contempta Boisduval, 1835


Referensi:

  • The Taxonomicon, Taxon: Genus Coccinella Linnaeus, 1758 (taxonomicon.taxonomy.nl/TaxonTree.aspx?id=25932&src=0&syn=1)
  • Biolib, Transverse Ladybird Coccinella transversalis Fabricius, 1781 (www.biolib.cz/en/taxonposition/id548315/)
  • Wikipedia, Coccinella transversalis (en.wikipedia.org/wiki/Coccinella_transversalis)
  • Brisbane Insects, Transverse Ladybird Beetle - Coccinella transversalis (www.brisbaneinsects.com/brisbane_ladybirds/Transverse.htm)
  • Australian Museum, Transverse Ladybird (australianmuseum.net.au/Transverse-Ladybird/)

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. mantap ka blognya

    Kapan2, main juga ke blog saya ka ^^

    Terimakasih ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi dah mampir ya.
      ok nanti saya gantian mampir ke blog nya 😊

      Hapus