14 March 2014

Kumbang koksi: Coelophora inaequalis

Nama umum: Variable Ladybird

Kumbang koksi Coelophora inaequalis adalah jenis kumbang koksi yang pada akhirnya berkembang biak cukup banyak di halaman belakang rumah di Jonggol (Bogor-Jabar) setelah halaman tersebut benar-benar tidak terurus. Saat itu aku dan almarhum Papa sedang tinggal di rumah di Pasar Rebo (Jakarta Timur) untuk melakukan melakukan renovasi rumah (sampai akhirnya Papa meninggal dunia saat proyek renovasi tersebut masih berjalan). Sekitar sebulan sekali aku datang ke Jonggol untuk mengurus pembukuan usaha cuci motor sambil melihat dan memeriksa keadaan rumah di Jonggol. Saat datang ke Jonggol itulah aku menemukan bahwa ternyata kumbang koksi Coelophora inaequalis ini telah berkembang biak di halaman belakang.


Kumbang koksi Coelophora inaequalis berbagi tempat tinggal dan makanan yang sama dengan kumbang koksi Coccinella transversalisKumbang koksi Coelophora inaequalis berbagi tempat tinggal dan makanan yang sama dengan kumbang koksi Coccinella transversalis yang sudah lebih dahulu menghuni halaman belakang rumah di Jonggol, Bogor, Jawa Barat.


pola sayap elitra kumbang koksi Coelophora inaequalis yang cukup beragam Warna dan pola sayap elitra kumbang koksi Coelophora inaequalis yang cukup beragam sempat membuatku mengira bahwa kumbang-kumbang koksi Coelophora inaequalis yang berkeliaran di halaman belakang tersebut berasal dari jenis yang berbeda. Namun setelah akhirnya mendapat kesempatan untuk melihat beberapa proses perkawinan Kumbang koksi Coelophora inaequalis ini, barulah aku menyadari bahwa ternyata mereka berasal dari jenis yang sama.


Variable Ladybird_Coelophora inaequalis_mating Pertama kali aku melihat kumbang koksi Coelophora inaequalis dengan warna dan pola pada sayap elitranya yang berbeda yang sedang kawin adalah pada saat aku berada di rumah mertua di Ponorogo, Jawa Timur (atas). Saat itu proyek renovasi sedang libur untuk sementara waktu karena baru saja selesai melakukan pengecoran. Beberapa minggu kemudian aku mendapat kesempatan lagi untuk melihat proses perkawinan kumbang koksi Coelophora inaequalis tersebut di halaman belakang rumah di Jonggol, Bogor, Jabar (bawah).


Klasifikasi ilmiah kumbang koksi Coelophora inaequalis
Kingdom Animalia Linnaeus, 1758 – hewan
Phylum Arthropoda Latreille, 1829 – hewan berbuku-buku
Class Insecta Linnaeus, 1758 - serangga
Order Coleoptera Linnaeus, 1758 – kumbang
Suborder Polyphaga Emery, 1886
Superfamily Cucujoidea Latreille, 1802
Family Coccinellidae Latreille, 1807 – kumbang koksi
Genus Coelophora Mulsant, 1850
Species Coelophora inaequalis (Fabricius, 1775)


Referensi:

  • The Taxonomicon, Taxon: Genus Coelophora Mulsant, 1850 (taxonomicon.taxonomy.nl/TaxonTree.aspx?id=705467&src=0&syn=1)
  • Biolib, species Variable Ladybird Coelophora inaequalis (Fabricius, 1775) (hwww.biolib.cz/en/taxonposition/id551510/)
  • Wikipedia, Coelophora inaequalis (en.wikipedia.org/wiki/Coelophora_inaequalis)
  • OzAnimals.com, Variable Ladybird (Coelophora inaequalis 1) (www.ozanimals.com/Insect/Variable-Ladybird/Coelophora/inaequalis%201.html)

No comments:

Post a Comment