27 January 2015

Hama Tanaman Labu Siam di Halaman Belakang rumah

Beberapa waktu lalu, saat aku sedang menginap di rumah Mama di Pasar Rebo (Jakarta Timur), ada tetangga Mama yang memberikan 2 buah labu siam tua untuk ditanam. Akhirnya kedua labu siam itu aku bawa pulang ke Jonggol (Bogor, Jawa Barat) untuk coba ditanam di halaman belakang rumah.

Setelah beberapa waktu, salah satu labu siam tersebut akhirnya bertunas dan tumbuh, sementara satunya lagi akhirnya mati. Ketika pohon labu siam tersebut mulai tumbuh besar dan merambat, ternyata mulai datang beberapa serangga hama yang memakan daunnya. Serangga-serangga tersebut antara lain adalah kumbang daun (leaf beetles) Red Pumpkin Beetle (Aulacophora foveicollis) dan nimfa/anakan Belalang Kayu (Valanga nigricornis).


Kumbang daun Red Pumpkin Beetle (Aulacophora foveicollis) sedang kawin di salah satu daun labu siam yang ada di halaman belakang rumah di Jonggol, Bogor, Jawa Barat. Selain daun labu siam, hama kumbang ini juga memakan daun dari tanaman seperti mentimun, semangka dan melon.Kumbang daun Red Pumpkin Beetle (Aulacophora foveicollis) sedang kawin di salah satu daun labu siam yang ada di halaman belakang rumah di Jonggol, Bogor, Jawa Barat. Selain daun labu siam, hama kumbang ini juga memakan daun dari tanaman seperti mentimun, semangka dan melon.


Valanga nigricornis_IMG_1371-horzNimfa/anakan Belalang kayu atau Javanesse Grashopper (Valanga nigricornis) sedang memakan daun labu siam yang ada di halaman belakang rumah di Jonggol, Bogor, Jawa Barat. Menjelang musim hujan, biasanya nimfa belalang kayu ini sering muncul dan menghuni halaman belakang sampai mereka dewasa. Selain memakan daun labu siam, nimfa-nimfa belalang kayu ini juga memakan daun jambu kristal, daun kemangi, daun katuk dan daun pohon kersen kecil yang ada di halaman belakang rumah.

No comments:

Post a Comment