01 Juni 2013

Kumbang daun Aulacophora foveicollis kawin

Belakangan ini cuaca di Jonggol agak kurang bagus ya. Kadang mendung atau hujan bisa datang tiba-tiba. Jadi saat cuaca sedang cukup bagus, biasanya aku menyempatkan diri untuk melihat-lihat tanaman dan serangga yang ada di halaman belakang rumah yang tidak seberapa luas, cuma berukuran sekitar 3x4 m saja.

Pada suatu hari saat cuaca sedang cukup cerah, aku menyempatkan diri untuk melihat-lihat tanaman di halaman belakang, terutama pohon pare yang aku tanam beberapa waktu lalu yang sedang mulai berbuah, dan juga mencari-cari serangga yang mungkin menarik untuk di foto.

Di balik salah satu daun tanaman yang ada di dekat pohon pare itu, aku melihat ada sepasang kumbang kecil yang sedang kawin. Kumbang kecil itu sepertinya bukan jenis serangga yang biasa berada di halaman belakang ya karena jarang sekali aku melihatnya. Akhirnya sepanjang pagi menjelang siang itu aku beberapa kali bolak balik ke halaman belakang untuk mengambil foto-foto dari kumbang kawin itu sampai akhirnya perkawinan mereka itu selesai.

2 hari kemudian ternyata aku menemukan lagi mereka sedang kawin di pohon yang sama. Wah..rupanya yang lusa itu masih bersambung. Jangan-jangan barangkali kemarin mereka melakukan perkawinan juga ya tetapi aku tidak mengetahuinya karena memang kebetulan kemarin itu aku sibuk di depan laptop, mengedit tampilan blog dan membuat suatu postingan. Akhirnya aku pun kembali bolak balik beberapa kali ke halaman belakang untuk mengambil foto-foto dari perkawinan kedua dari kumbang kecil itu ya. Dan karena pada hari kedua tersebut cuacanya lebih bagus dari lusa sebelumnya, maka hasil foto dari kumbang kawin tersebut pun menjadi lebih baik lagi..senangnya hehehe

Esok harinya, pada hari ke 4, aku sudah tidak menemukan lagi keberadaan para kumbang itu di halaman belakang. Mungkin mereka sudah terbang kembali ke habitat aslinya. Mungkin pasangan kumbang itu takut diganggu oleh para kumbang lain saat sedang kencan dan kawin ya sehingga akhirnya halaman belakang rumahku dipilih dan dijadikan tempat kencan dan kawin pasangan kumbang tersebut…hehehe

Setelah mencari-cari informasi di internet, akhirnya aku mendapatkan juga nama ilmiah dari kumbang tersebut. Sepasang kumbang kawin itu ternyata berasal dari spesies kumbang daun Aulacophora foveicollis atau yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan nama pumpkin beetle dan merupakan salah satu jenis hama tanaman.

*****

Galeri foto kumbang daun Aulacophora foveicollis kawin
Tanggal: 29 dan 31 Mei 2013
Kamera: Canon IXY DIGITAL 510 IS
Lokasi: halaman belakang rumah di Raweuy, Jonggol, Jawa Barat

Aulacophora foveicollis (Lucas, 1849) mating, back viewAulacophora foveicollis (Lucas, 1849) 002Aulacophora foveicollis (Lucas, 1849) 004Kumbang daun Aulacophora foveicollis kawin dibalik salah satu daun tanaman yang ada di halaman belakang rumah di Jonggol, Jawa Barat. Ini merupakan kali pertama aku melihat kumbang ini kawin.

Aulacophora foveicollis (Lucas, 1849) 00Aulacophora foveicollis (Lucas, 1849) 022 hari kemudian aku melihat lagi Kumbang daun Aulacophora foveicollis yang kawin dibalik salah satu daun pada pohon yang sama seperti yang aku lihat 2 hari sebelumnya. Mungkin ini adalah kumbang yang sama seperti yang aku lihat sebelumnya ya.

Aulacophora foveicollis (Lucas, 1849) 05Aulacophora foveicollis (Lucas, 1849) 03Aulacophora foveicollis (Lucas, 1849) 01Tampaknya pasangan Kumbang daun Aulacophora foveicollis yang sedang kawin itu tidak merasa terganggu dengan kehadiranku, mereka tetap asik saja melakukan aktifitasnya walaupun daun tempatnya hinggap beberapa kali aku bolak balik saat aku mengambil foto-fotonya.

Klasifikasi ilmiah kumbang
Kingdom Animalia Linnaeus, 1758 – hewan
Phylum Arthropoda Latreille, 1829 – hewan beruas
Class Insecta Linnaeus, 1758 – serangga
Order Coleoptera Linnaeus, 1758 – kumbang 
Family Chrysomelidae Latreille, 1802 – kumbang daun
Genus Aulacophora Chevrolat, 1837
Species Aulacophora foveicollis (Lucas, 1849)
Sinonim: Galeruca foveicollis - Raphidopalpa foveicollis - Allocophora foveicollis - Rhaphidopalpa foveicollis - Aulacophora africana - Rhaphidopalpa africana
Nama Inggris: red pumpkin beetle - hamra beetle - red melon beetle - red leaf beetle

referensi:

  • Biolib, Aulacophora foveicollis (http://www.biolib.cz/en/taxonposition/id241660/)
  • Forestry Compendium, Aulacophora foveicollis (http://www.cabicompendium.org/NamesLists/FC/Full/AUACFO.htm)
  • Plantwise Knowledge Bank,  red pumpkin beetle (Aulacophora foveicollis) (http://www.plantwise.org/KnowledgeBank/Datasheet.aspx?dsid=7922)
  • Systema Naturae 2000 / Classification, Genus Galeruca (http://sn2000.taxonomy.nl/Main/Classification/26788.htm)
  • Zipcodezoo, Galeruca foveicollis (http://zipcodezoo.com/Animals/G/Galeruca_foveicollis/)

1 komentar: