13 Februari 2020

Panen pisang mini akuaponik



Lama-lama tertarik juga ya lihat foto-foto dari googling mengenai menanam pisang di dalam pot. Akhirnya ketika ada kesempatan, jadilah beli bibit pisang mini secara online.


Dari bibit-bibit pohon pisang mini yang didapat, 2 bibit pohon pisang mini akhirnya mati karena ternyata setelah ditanam di halaman belakang, ayam-ayam yang ada di halaman belakang bergantian memakan daun dan batang pohon-pohon pisang mini tersebut sampai habis.


Sementara bibit-bibit pohon-pohon pisang mini lainnya di tanam di pot dan polibag.


Alhamdulillah..dari bibit-bibit pisang mini yang tersisa, akhirnya bisa didapat bibit-bibit pisang mini baru karena ternyata walau pun masih kecil-kecil, pisang-pisang mini tersebut sudah mulai beranak pinak ya.


Salah satu bibit atau anakan pohon pisang mini generasi pertama yang telah didapat dari bibit-bibit pisang mini pertama yang dibeli secara online tersebut secara tidak sengaja akhirnya ditanam di sistem akuaponik yang ada di rumah mama di Pasar Rebo, Jaktim. Awalnya bibit atau anakan pisang mini tersebut akan diberikan kepada seorang tetangga mama yang ada di Pasar Rebo, tetapi orangnya akhirnya menolak karena merasa tidak mempunyai cukup lahan di halaman rumah untuk menanamnya.


Ternyata pertumbuhan anakan pisang mini yang ditanam secara akuaponik di rumah mama di Pasar Rebo (Jaktim) sangat baik ya. Pelan-pelan pertumbuhannya mulai mendekati dan bahkan akhirnya melampaui pertumbuhan pisang mini yang sudah jauh lebih dahulu di tanam di dalam pot di halaman belakang rumah di Jonggol, Bogor, Jabar.


Dengan pertumbuhannya yang baik, pada akhirnya pohon pisang mini akuaponik yang sudah tidak mini lagi itu pun mulai mengeluarkan bakal buah pisangnya...senangnya!


Berbuahnya si pisang mini akuaponik ini benar-benar merupakan hal yang tidak disangka-sangka ya. Mungkin tercukupinya nutrisi yang ada membuat pohon pisang mini akuaponik tersebut lebih dulu berbuah dibanding dengan pohon pisang mini yang telah lebih dulu ditanam di pot.


Walau tidak 'semini' yang dibayangkan saat membelinya, tetapi ukuran pisang mini akuaponik ini rupanya cukup menggoda untuk dijadikan tempat 'selfie' ya. Salah seorang teman mama (foto kanan) sengaja menyempatkan diri untuk datang berkunjung dan berfoto-foto dengan sang pohon pisang mini yang sedang berbuah sebelum pisangnya di panen.


Alhamdulillah...hasil panen perdana buah pisang mini akuaponik cukup memuaskan. Rasanya seperti buah pisang ambon. Mudah-mudahan nanti bisa panen buah pisang mini lagi ya inshaa Allah.


referensi:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10212134531978402&id=1228807078&_rdr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar