18 Februari 2020

1-1-3-4 Bunga buah naga merah mekar bersamaan



Alhamdulillah...begitu memasuki musim hujan, pohon buah naga merah pun mulai rajin berbunga walaupun sepertinya ada lebih banyak bakal bunga buah naga merah yang rontok daripada yang berhasil mekar ya.


Karena lebih banyak yang rontok, awalnya bunga-bunga buah naga merah yang tersisa hanya bisa bermekaran satu persatu saja bergantian di lain malam ya.


Namun seiring waktu berjalan, dan juga dengan semakin banyaknya bakal bunga buah naga merah yang bermunculan, alhamdulillah akhirnya mulai ada juga beberapa bunga buah naga merah yang bisa mekar bersamaan pada suatu malam dimana pertama kalinya ada 3 bunga buah naga merah yang mekar bersamaan.


Sehari setelah itu, alhamdulillah ada lagi bunga-bunga buah naga merah yang kembali mekar bersamaan ya. Kali ini ada 4 bunga buah naga merah yang mekar bersamaan malam itu..alhamdulillah.


Dulu ketika baru pertama kali menanam, dan pohon buah naga merah yang ditanam juga baru pertama kali berbunga, pernah juga melakukan penyerbukan buatan ya biar bunga buah naga merahnya berhasil menjadi buah. Hal tersebut dilkakuan karena waktu itu dapat informasi yang menyatakan bahwa jika tidak dilakukan penyerbukan buatan maka kemungkinan besar bunga buah naga merah yang sudah mekar tersebut akan gagal menjadi buah.


Namun ketika bunga buah naga merahnya muncul di tempat-tempat yang sulit untuk dicapai, atau ketika bunga buah naga merahnya mekar disaat sedang ditinggal pergi menginap, sehingga penyerbukan buatan menjadi hal yang tidak dapat dilakukan, maka akhirnya tinggal pasrah dan hanya bisa berharap saja semoga bunga buah naga merah yang sudah mekar tersebut bisa menjadi buah.


Dan ternyata walaupun tidak dilakukan penyerbukan buatan, bunga-bunga buah naga merah yang mekar tersebut ternyata tetap berhasil menjadi buah naga merah yang enak ya. Ternyata banyak serangga yang datang mengunjungi sang bunga buah naga merah yang sedang mekar di malam hari dan membantu melakukan penyerbukan nya ya.


Bahkan saat pagi pun, ketika sang bunga buah naga merah yang habis mekar semalam belum kuncup kembali sepenuhnya, masih bisa disaksikan adanya para serangga yang datang dan membantu penyerbukan bunga buah naga merah tersebut. Melihat hal tersebut, akhirnya aku tidak pernah lagi melakukan penyerbukan buatan untuk bunga-bunga buah naga merah yang mekar kemudian.


Dan sepertinya hanya hujan lah yang bisa membuat bunga buah naga merah yang sudah mekar gagal menjadi buah seperti yang terjadi pada salah satu bunga buah naga merah yang kebetulan mekar disaat hari hujan sejak sore hingga pagi hari di jonggol. Mungkin hujan yang ada membuat para serangga yang biasa membantu penyerbukan bunga buah naga merah menjadi enggan untuk keluar dari sarangnya ya.


Posting tentang bunga atau buah naga merah lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar