06 April 2020

Cantiknya bunga bengkoang


Karena istri kena penyakit asam lambung beberapa waktu lalu, akhirnya cari-cari deh makanan apa yang bisa dikonsumsi istri yang ngga bikin asam lambungnya naik. Ternyata salah satunya adalah umbi bengkoang ini.

Akhirnya kemudian, jadilah sering-sering beli bengkoang. Karena kadang tidak langsung habis, sisa bengkoang yang ada kadang dibiarkan saja berada dikolong meja dapur untuk beberapa waktu. Pada suatu saat, salah satu bengkoang yang tersisa ternyata mulai bertunas ya. Akhirnya istri pun iseng-iseng menanamnya di halaman belakang.

Karena ditanam ketika musim hujan, akhirnya pohon bengkuang itu pun tumbuh dengan cukup baik di halaman belakang. Setelah beberapa waktu kemudian, pohon bengkuang tersebut pun mulai berbunga.

Senangnya...ketika bunga-bunga bengkoang itu mulai bermekaran. Ternyata cukup cantik juga ya bunga-bunga bengkoang yang sedang mekar tersebut.

Cantiknya bunga-bunga bengkoang yang sedang mekar ini sepintas mirip dengan kembang teleng ya, sama-sama berwarna ungu.

Setelah bunga-bunga bengkoang yang mekar tersebut layu, tidak lama kemudian keluarlah kacang-kacangnya. Biji-biji kacang-kacang bengkoang inilah yang nantinya, jika ditanam, katanya yang akan bisa menghasilkan umbi bengkoang baru. Sementara pohon yang ditanam dari umbi bengkoang, seperti yang dilakukan istri, tidak akan bisa menghasilkan umbi baru, hanya bisa menghasilkan bunga dan kacangnya saja.

Ternyata oh ternyata...walaupum umbi atau bengkoangnya dapat dimakan, kacang dan daun tanaman bengkoang ini ternyata cukup beracun ya. Racunnya, terutama yang diambil dari bijinya, dapat digunakan sebagai pestisida untuk membunuh serangga atau untukmenangkap ikan (seperti tuba).

Tetapi walaupun beracun, biji tanaman bengkuang dapat juga dijadikan obat herbal lho. Biji bengkuang yang ditumbuk dan dicampur dengan belerang dapat digunakan untuk menyembuhkan sejenis kudis. Sementara di Jawa Tengah, setengah butir biji bengkuang dapat digunakan sebagai obat urus-urus. Keracunan biji bengkuang biasanya diatasi dengan meminum air kelapa hijau.
Setelah dimasak hingga racunnya hilang, kacang polong bengkoang dapat digunakan sebagai sayur.

Nama Indonesia: Bengkuang, Bengkoang; Besusu (Jawa);
Nama Inggris: Jicama, Mexican yam bean, Mexican turnip

Klasifikasi ilmiah Bengkoang
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae
Subfamili: Faboideae
Genus: Pachyrhizus
Spesies: Pachyrhizus erosus

referensi:
• https://id.m.wikipedia.org/wiki/Bengkuang
• https://lifestyle.kompas.com/read/2017/12/22/101542020/manfaat-bengkoang-si-umbi-putih-yang-kaya-serat?page=all#page2
• https://en.m.wikipedia.org/wiki/Pachyrhizus_erosus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar