19 Juli 2017

Ulat yang 'bermain gelembung' – Psilogramma sp.

Hal pertama yang terungkap

Psilogramma sp 05

Beberapa hari setelah identitas ulat penggali tanah terungkap, aku mendapatkan lagi 2 ekor ulat Psilogramma sp. dari pohon kenanga (Cananga odorata) yang sama yang tumbuh di depan rumah tetangga di seberang jalan.

Setelah mengambil beberapa fotonya dan kemudian melihatnya kembali, tiba-tiba aku menyadari sesuatu. Ternyata proses perubahan warna ulat dari hijau menjadi coklat itu sebenarnya sudah dimulai lebih awal dari yang aku kira semula.

Dengan membandingkan foto-foto ulat yang aku ambil saat sore dan malam hari, akhirnya aku menyimpulkan bahwa proses perubahan warna ulat tersebut sebenarnya dimulai dari ekornya terlebih dahulu yang berubah dari putih menjadi coklat.

Pada foto diatas, yang sebelah kiri menunjukan ulat yang sama namun dengan warna ekor yang berbeda saat sore dan malam hari. Sedangkan foto yang sebelah kanan juga menunjukan ulat yang sama dimana pada sore harinya warna ekornya sudah coklat, dan pada malam harinya ia pun ternyata mulai berubah warna lebih awal dibandingkan dengan ulat yang ada pada foto yang sebelah kiri.


Hal lain yang juga terungkap

Psilogramma sp 06

Ketika melihat sang ulat sudah mulai berubah warna menjadi kecoklatan, aku pun segera menyiapkan wadah berisi tanah untuk tempat sang ulat nanti bersembunyi sebelum menjadi kepompong. Namun ternyata ada hal lain yang kemudian terjadi sebelum sang ulat turun ke tanah ya.

Setelah kenyang dan berhenti makan, sang ulat pun mulai mencari tempat untuk mulai berdiam diri. Awalnya aku mengira sang ulat akan berdiam diri sampai menjelang pagi sebelum akhirnya turun ke tanah. Ternyata setelah beberapa menit berdiam diri, perlahan-lahan sang ulat mulai kembali bergerak dan melakukan sesuatu yang aneh. Ia seperti sedang menggigiti tubuhnya sendiri. Setelah aku perhatikan lebih dekat lagi, ternyata sang ulat mulai mengeluarkan semacam cairan dari mulutnya dan mulai membasahi tubuhnya dengan cairan tersebut.

Beberapa saat kemudian sang ulat pun kembali berdiam diri selama beberapa menit sebelum akhirnya mulai membasahi tubuhnya lagi pada sisi yang berbeda. Hal tersebut dilakukannya selama beberapa kali sampai seluruh tubuhnya terbasuh oleh cairan yang keluar dari mulutnya tersebut.


Ulat 'bermain gelembung'

Psilogramma sp 07

Karena sepertinya banyak cairan yang keluar dari mulutnya saat sang ulat sedang membasuh tubuhnya itu, akhirnya sempat terlihat, selama beberapa waktu, sepertinya sang ulat sedang 'bermain dengan gelembung' cairan yang keluar dari mulutnya tersebut ya. Setelah seluruh tubuhnya basah oleh cairan yang keluar dari mulutnya itu, sang ulat pun akhirnya kembali berdiam diri dan kali ini untuk waktu yang cukup lama sebelum akhirnya ia turun ke tanah dan bersembunyi di dalamnya sebelum akhirnya nanti menjadi kepompong. Sayangnya karena sampai dini hari aku masih terjaga untuk memperhatikan ulat tersebut, akhirnya aku malah bangun kesiangan dan tidak tahu lagi ke mana sang ulat akhirnya pergi dan bersembunyi… Sad smile

(lihat : Dokumentasi saat ulat menjelang dan sesudah menjadi kepompong, dan saat ngengat menjelang dan sesudah menetas.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar