03 September 2017

Erionota thrax thrax, kupu-kupu skipper penghisap madu bunga pisang

pohon pisangSenangnya ketika akhirnya pohon pisang yang ditanam di halaman belakang mulai berbunga. Anakan pohon pisang ini merupakan pemberian dari mertuaku beberapa waktu sebelumnya ketika aku berkunjung ke rumahnya.


 

Erionota thrax thrax_3Hal lain yang juga membuatku senang adalah adanya kesempatan untuk bisa memotret kupu-kupu skipper Erionota thrax thrax saat sedang mencari madu di bunga pisang. Kupu-kupu skipper Erionota thrax thrax ini sudah seringkali masuk ke dalam rumah saat malam hari ya, karena kebetulan di belakang rumah banyak tumbuh tanaman pohon pisang.


 

Erionota thrax thrax_4Kupu-kupu skipper Erionota thrax thrax ini ternyata aktif di sore dan pagi hari ya, walau aku sendiri lebih sering melihatnya saat pagi hari ketika mereka sedang berterbangan di sekitar tanaman pisang yang sedang mulai berbunga.


 

telur_1-vertSetelah kawin pada sore atau pagi hari, kupu-kupu skipper Erionota thrax thrax akan mulai bertelur pada malam hari pada lembar daun pisang yang masih utuh dimana telur akan diletakkan berkelompok sebanyak ± 25 butir.


 

referensi:

No comments:

Post a Comment