18 Juli 2017

Akhirnya identitas ulat penggali tanah terungkap – Psilogramma sp.

Ulat di pohon kenanga

Psilogramma sp 01

Setelah pertemuan pertama dengan ulat coklat yang dibawa oleh seorang teman yang kemudian ternyata menggali tanah dan akhirnya menjadi kepompong didalam tanah, setahun kemudian barulah aku mengetahui bahwa sesungguhnya ulat tersebut pada awalnya berwarna hijau dan merupakan ulat yang memakan daun pohon kenangga (Cananga odorata).

Awalnya, pada suatu sore, ada tetangga diseberang jalan yang memberitahukan bahwa ada ulat di pohon kenanga yang ada di depan rumahnya. Akhirnya ulat tersebut pun aku bawa pulang ke rumah untuk aku perlihatkan pada anak-anakku yang kebetulan saat itu sedang senang bermain dengan ulat-ulat.


Identitas ulat yang terungkap tanpa sengaja

Psilogramma sp 02

Esok paginya, setelah subuh, saat aku akan mulai berbenah untuk persiapan membuka warung, tanpa sengaja aku melihat ulat tersebut, yang saat itu sudah berubah warna, sedang berusaha untuk turun dari dahan tempatnya berdiam semalam.

Melihat hal itu, dan karena sudah pernah mengetahui apa yang akan dilakukan sang ulat selanjutnya, maka segera saja aku mencari wadah kosong yang segera aku isi dengan tanah dan kemudian meletakannya persis dibawah sang ulat yang sedang bergelantungan tersebut.

(lihat : Perkenalan pertama dengan Psilogramma sp.)

Perlahan-lahan aku pun mendekatkan sang ulat dengan wadah berisi tanah tersebut. Ketika akhirnya sang ulat sudah turun dan berada diatas tanah, maka segera saja ia mulai menggali dan masuk ke dalamnya.


Persiapan menjadi kepompong

Psilogramma sp 03

Karena kesibukan di warung, aku sempat melupakan keberadaan ulat yang sedang bersembunyi didalam wadah berisi tanah tersebut. Esok malamnya, menjelang tidur malam, barulah aku teringat dan kemudian mencoba untuk mencari tahu apakah sang ulat sudah berubah menjadi kepompong. Aku pun kemudian menggali dengan hati-hati tanah yang menutupinya dan menemukan bahwa ternyata ulat tersebut belum juga berubah menjadi kepompong walau sudah lebih dari 1 hari penuh ia bersembunyi di dalam tanah.


Akhirnya menjadi kepompong

Psilogramma sp 04

Esoknya kembali aku melupakan keberadaan ulat tersebut dan baru kembali ingat dan memeriksanya pada sore keesokan harinya lagi. Ternyata ulat tersebut saat itu sudah berubah menjadi kepompong dengan 'belalai' di ujungnya ya.

(lihat : Dokumentasi saat ulat menjelang dan sesudah menjadi kepompong, dan saat ngengat menjelang dan sesudah menetas.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar