03 Maret 2015

Kumbang kura-kura Aspidimorpha miliaris sedang kawin

Jeprat Jepret Canon IXY DIGITAL 510 IS – Februari 2015

Akhirnya aku bisa juga melihat pasangan kumbang kura-kura Aspidimorpha miliaris yang sedang kawin. Saat itu aku sedang menginap di rumah mertua di Ponorogo (Jawa Timur) dan sedang mengajak anak-anak untuk melihat-lihat ke sekitar rumah mertua yang dikelilingi oleh persawahan. Di salah satu daun pohon kangkung hutan (Ipomoea fistulosa) yang tumbuh di tepi saluran air kecil, aku melihat ada sepasang kumbang kura-kura Aspidimorpha miliaris yang sedang kawin.

Sebelumnya sudah sering aku melihat keberadaan kumbang kura-kura Aspidimorpha miliaris ini di daun-daun pohon kangkung hutan. Biasanya kumbang kura-kura ini aku temukan berbagi habitat dengan kumbang kura-kura Aspidimorpha sanctaecrucis. Namun karena biasanya jumlahnya relatif sedikit, biasanya aku hanya melihat 1-2 ekor saja pada satu pohon, maka tidak pernah sebelumnya aku dapat menjumpai adanya pasangan kumbang kura-kura Aspidimorpha miliaris ini yang sedang kawin. Oleh sebab itu aku senang sekali ketika akhirnya bisa melihat dan memotret pasangan kumbang kura-kura yang sedang kawin tersebut ya.


Kumbang kura-kura Aspidimorpha miliaris sedang kawin  di daun pohon kangkung hutan.Kumbang kura-kura Aspidimorpha miliaris sedang kawin  di daun pohon kangkung hutan.


Klasifikasi ilmiah Kumbang kura-kura Aspidimorpha miliaris
Kingdom Animalia Linnaeus, 1758 – hewan
Phylum Arthropoda Latreille, 1829 – hewan berbuku-buku
Class Insecta Linnaeus, 1758 – serangga
Order Coleoptera Linnaeus, 1758 – kumbang
Family Chrysomelidae Latreille, 1802 – kumbang daun
Subfamily Cassidinae Gyllenhal, 1813 – kumbang kura-kura
Genus Aspidimorpha Hope, 1840
Species Aspidimorpha miliaris (Fabricius, 1775)


Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar