04 March 2015

Kupu-kupu: Euploea sp. baru menetas

Jeprat Jepret Canon IXY DIGITAL 510 IS – April 2014

Pada suatu pagi, ketika berjalan-jalan pagi bersama keluarga ke sekitar rumah di Jonggol (Bogor, Jawa Barat), aku menemukan sebuah kepompong di salah satu daun tanaman yang tumbuh di tepi jalan. Kepompong yang telah berwarna hitam tersebut, yang menandakan bahwa kupu-kupunya akan segera menetas, lalu aku ambil dan masukan ke dalam kantong celana trainingku untuk kubawa pulang. Aku berharap nantinya dapat melihat saat kupu-kupunya menetas ya.

Sesampainya di rumah, aku terkejut ketika melihat kupu-kupunya ternyata sudah menetas ketika kepompongnya masih berada di dalam kantong celanaku ya!! Segera saja aku mengeluarkan dan meletakannya di halaman belakang.


Ternyata kupu-kupu yang menetas didalam kantong celana trainingku itu berasal dari salah satu jenis kupu-kupu "Crows" (Euploea sp.) ya. Ternyata kupu-kupu yang menetas didalam kantong celana trainingku itu berasal dari salah satu jenis kupu-kupu "Crows" (Euploea sp.) ya.


Sambil  menunggu sayap-sayapnya terkembang dengan sempurna, kupu-kupu Euploea sp. tersebut pun mencoba probosis-nya (mulut penghisap yang dapat tergulung). Ternyata probosis tersebut bercabang dua ya.Sambil  menunggu sayap-sayapnya terkembang dengan sempurna, kupu-kupu Euploea sp. tersebut pun mencoba probosis-nya (mulut penghisap yang dapat tergulung). Ternyata probosis tersebut bercabang dua ya.


Kupu-kupu dari genus Euploea ini mempunyai jenis yang cukup banyak ya dimana kadang bentuknya mirip satu dengan lainnya. Kupu-kupu ini pun tenyata mengandung racun karena ulatnya ternyata memakan daun tanaman yang beracun ya. Kupu-kupu dari genus Euploea ini mempunyai jenis yang cukup banyak ya dimana kadang bentuknya mirip satu dengan lainnya. Kupu-kupu ini pun tenyata mengandung racun karena ulatnya ternyata memakan daun tanaman yang beracun ya.


Daisuki mencoba memegang kupu-kupu Euploea sp. yang baru menetas tersebut. Daisuki mencoba memegang kupu-kupu Euploea sp. yang baru menetas tersebut.


Klasifikasi ilmiah kupu-kupu Euploea sp.
Kerajaan Animalia Linnaeus, 1758 – hewan
Filum Arthropoda Latreille, 1829 – hewan berbuku-buku
Kelas Insecta Linnaeus, 1758 – serangga
Ordo Lepidoptera Linnaeus, 1758 – ngengat dan kupu-kupu
Famili Nymphalidae Rafinesque, 1815 – "brushfoots"
Subfamili Danainae Boisduval, 1833 – "milkweed butterflies"
Genus Euploea Fabricius, 1807 – "crows"
Spesies Euploea sp.


Referensi:

No comments:

Post a Comment