17 December 2014

Kupu-kupu ‘Lime Butterfly’ (Papilio demoleus)

Nama umum: Lime Butterfly, Common Lime Butterfly, Lemon Butterfly, Lime Swallowtail, Small Citrus Butterfly, Chequered Swallowtail, Dingy Swallowtail, Citrus Swallowtail

Di sebuah polybag yang ada di halaman belakang rumah di Jonggol (Bogor-Jawa Barat) tumbuh beberapa pohon jeruk. Pada suatu hari, aku menemukan ada 5 ekor ulat di pohon-pohon jeruk kecil itu. Ternyata ulat-ulat tersebut, yang berada pada tahapan instar yang berbeda-beda, merupakan ulat dari kupu-kupu Lime Butterfly (Papilio demoleus).

Sayangnya ulat-ulat yang akhirnya berada pada tahapan instar terakhir (ke-5) satu per satu diserang oleh seekor tawon. Sepertinya tawon tersebut hanya menyerang ulat yang telah berada pada tahapan instar ke-5 saja yang bentuknya sudah tidak seperti kotoran burung. Mungkin ulat yang masih berbentuk seperti kotoran burung itu sangat tidak menggiurkan bagi sang tawon, jadi walaupun berada didekatnya, sang tawon cuek saja. Barulah setelah ulat-ulat tersebut berubah dan berada pada tahapan instar ke -5, ia diserang oleh sang tawon. Tahapan instar adalah tahapan kehidupan ulat yang berada diantara proses ganti kulit satu dengan lainnya ya.

Untunglah ternyata ada seekor ulat kupu-kupu Lime Butterfly (Papilio demoleus) yang berhasil lolos dan akhirnya menjadi kepompong di pohon lain yang kemudian aku temukan secara tidak sengaja. Kupu-kupunya sendiri akan menetas setelah sekitar 9 hari sejak ulatnya menjadi kepompong.

Saat menjadi ulat pada tahapan instar ke-1 yang berlangsung sekitar 2.5-3 hari, ulat akan mencapai panjang sekitar 5 mm sebelum akhirnya berganti kulit dan memasuki tahapan instar berikutnya. Pada tahapan instar ke-2, panjang ulat dapat mencapai 10 mm. Sedangkan pada tahapan instar ke-3 dan 4, panjang nya dapat mencapai 16 mm dan 25 mm. Saat menjadi kepompong, ukurannya mencapai 30-32 cm. Sedangkan setelah menjadi kupu-kupu, rentang sayapnya dapat mencapai 8-10 cm.

kupu-kupu Lime Butterfly (Papilio demoleus) ini merupakan salah satu jenis kupu-kupu swallowtail yang penyebarannya sangat luas di dunia. Mungkin hal ini disebabkan karena kemampuan beradaptasinya yang sangat baik ya.

 

Ulat pada tahapan instar yang berbeda

Jeprat jepret Canon IXY DIGITAL 510 IS – Desember 2014

Ulat kupu-kupu kupu-kupu Lime butterfly (Papilio demoleus) akan menjalani 5 tahapan instar dimana ulat yang berada pada tahapan instar ke-5 akan berwarna hijau dan panjangnya akan mencapai sekitar 4 cm sebelum ia menjadi kepompong.

Ulat Lime butterfly (Papilio demoleus) pada tahapan instar yang berbeda 1. Ulat pada tahapan instar ke-2 (berlangsung sekitar 2 hari).
2. Ulat pada tahapan instar ke-3 (berlangsung sekitar 2 hari).
3. Ulat pada tahapan instar ke-4 (berlangsung sekitar 2-2.5 hari).
4. Ulat pada awal tahapan instar ke-5, baru saja selesai berganti kulit ( berlangsung sekitar 3.5-4 hari).
5. Perbandingan ulat pada tahapan instar ke-2 dengan ke-5.

 

Ulat pun disergap dan dikuliti oleh tawon

Jeprat jepret Canon IXY DIGITAL 510 IS – Desember 2014

Ulat Lime butterfly (Papilio demoleus) pun disergap dan dikuliti oleh tawon Sayangnya ulat kupu-kupu Lime butterfly (Papilio demoleus) yang belum lama berganti kulit tersebut (gbr sebelumnya – no. 4) tiba-tiba diserang seekor tawon dan akhirnya mati. Seekor ulat lain yang berada didekatnya pun akhirnya mengalami nasib yang sama ya.

 

Kupu-kupu ‘Lime Butterfly’ (Papilio demoleus)

Jeprat jepret Canon IXY DIGITAL 510 IS – Desember 2014

Untunglah tidak semua ulat-ulat kupu-kupu Lime Butterfly (Papilio demoleus) mati, ada seekor yang selamat dan aku temukan kepompongnya secara tidak sengaja di pohon cabe yang letaknya beberapa meter dari pohon jeruk kecil itu. Esoknya ternyata kepompong tersebut menunjukan tanda bahwa kupu-kupunya akan segera menetas. Sayangnya aku tidak sempat menyaksikan saat kupu-kupu Lime Butterfly (Papilio demoleus)-nya, yang ternyata betina, menetas.

kupu-kupu Lime butterfly (Papilio demoleus) yang baru menetasSi kecil Ilyasa, dengan sedikit takut, mencoba untuk memegang sang kupu-kupu Lime butterfly (Papilio demoleus) yang baru menetas tersebut (gbr bawah-kiri).

 

Klasifikasi

Nama: Lime Butterfly, Common Lime Butterfly, Lemon Butterfly, Lime Swallowtail, Small Citrus Butterfly, Chequered Swallowtail, Dingy Swallowtail, Citrus Swallowtail

Kerajaan: Animalia Linnaeus, 1758 – hewan
Filum: Arthropoda Latreille, 1829 – hewan berbuku-buku
Kelas: Insecta Linnaeus, 1758 – serangga
Ordo: Lepidotera Linnaeus, 1758 – ngengat dan kupu-kupu
Famili: Papilionidae Latreille, 1802swallowtails and apollos
Subfamili: Papilioninae Latreille, 1802swallowtails
Genus: Papilio Linnaeus, 1758
Spesies: Papilio demoleus Linnaeus, 1758

Sinonim: Papilio epius Fabricius, 1793
               Papilio erithonius Cramer, 1779

 

Referensi

No comments:

Post a Comment