12 November 2013

Jeprat Jepret Hape: Belalang Oxya chinensis

1. Belalang Oxya chinensis sedang bertelur

Tanggal : 19 Agustus 2010
Kamera : Sony Ericsson k800i
Lokasi : Halaman belakang – Jonggol, Bogor, Jabar

Jenis belalang lain yang juga ada di halaman belakang rumah di Jonggol, Bogor Timur, Jawa Barat, adalah jenis belalang Oxya chinensis. Belalang berwarna hijau ini jumlahnya di halaman belakang memang tidak terlalu banyak. Hal ini mungkin disebabkan karena belalang ini merupakan jenis belalang yang gesit dan juga penerbang yang baik sehingga ketika sudah menjadi belalang dewasa maka dengan mudah belalang ini bisa terbang berpindah dari satu tempat ke temat lainnya.

Pada suatu sore aku melihat ada seekor belalang Oxya chinensis ini yang sedang berjalan-jalan di atas tanah di salah satu sudut di halaman belakang rumah. Belalang ini jarang aku lihat hinggap berlama-lama di atas tanah. Biasanya belalang ini lebih sering aku lihat berada di rerumputan atau di pohon bayam kakap bersama-sama dengan belalang Atractomorpha crenulata.

Karena penasaran, akhirnya aku pun mengambil beberapa gambarnya. Saat itu aku sama sekali tidak tahu apa yang sebenarnya sedang terjadi ya. Aku hanya merasa heran saja atas apa yang dilakukan oleh belalang tersebut di tanah.

Beberapa waktu kemudian, setelah mendapat sedikit informasi melalui internet, akhirnya aku pun mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Rupanya belalang Oxya chinensis yang aku lihat itu adalah belalang betina yang sedang mencari tempat untuk meletakan telur-telurnya di dalam tanah ya.


Belalang Oxya chinensis sedang meletakan telur-telurnya di dalam tanah
Belalang Oxya chinensis sedang meletakan telur-telurnya di dalam tanah di halaman belakang rumah di Jonggol, Bogor, Jawa Barat.


2. Belalang Oxya chinensis kawin

Tanggal : 4 Desember 2011
Kamera : Sony Ericsson k800i
Lokasi : Halaman belakang – Jonggol, Bogor, Jabar

Sudah beberapa kali aku melihat dan berhasil mengambil gambar dari belalang Oxya chinensis yang sedang kawin di beberapa tempat di sekitar rumah dan tempat lainnya, tetapi belum pernah sekali pun mendapatinya di halaman belakang rumah di Jonggol.

Pada suatu hari, ketika sedang melihat-lihat halaman belakang dan sedang memperhatikan pohon palem yang yang ada di dekat pintu belakang untuk mencari apakah di pohon palem tersebut ada ulatnya atau tidak, aku melihat ada sepasang belalang Oxya chinensis yang sedang kawin di salah satu daun palem tersebut. Wah..senang sekali aku melihat hal itu ya. Segera saja aku memotret belalang kawin tersebut dengan menggunakan kamera hape Sony Ericsson k800i-ku.

Beberapa waktu kemudian, ketika proses perkawinan belalang tersebut telah selesai, sebagaimana halnya yang pernah aku lihat terjadi pada belalang Atractomorpha crenulata, belalang Oxya chinensis jantan ternyata tidak segera pergi meninggalkan sang betina. Belalang jantan tersebut tetap berada di atas punggung sang betina untuk beberapa waktu untuk menjaga agar sang betina tidak dikawini oleh pejantan lain.


DSC02625-tileBelalang Oxya chinensis sedang kawin di daun palem yang ada di halaman belakang rumah di Jonggol, Bogor, Jawa Barat. Setelah proses perkawinan selesai, belalang jantan tetap berada di punggung belalang betina selama beberapa waktu untuk menjaga sang betina tidak dikawini lagi oleh belalang jantan lain (bawah, kanan).


3. Klasifikasi ilmiah belalang Oxya chinensis

Domain Eukaryota Whittaker & Margulis, 1978 - bersel kompleks
Kingdom Animalia Linnaeus, 1758 - hewan
Subkingdom Bilateria Hatschek, 1888
Branch Protostomia Grobben, 1908
Infrakingdom Ecdysozoa Aguinaldo et al., 1997berganti kulit
Superphylum Panarthropoda Nielsen, 1997
Phylum Arthropoda Latreille, 1829 - hewan berbuku-buku
Subphylum Mandibulata Snodgrass, 1938
Infraphylum Atelocerata
Superclass Panhexapoda
Epiclass Hexapoda Latreille, 1825 - berkaki enam
Class Insecta Linnaeus, 1758 - serangga
Subclass Dicondylia
Infraclass Pterygota Lang, 1888 - serangga bersayap
Division Neoptera Martynov, 1923
Superorder Orthopterida
Order Orthoptera Latreille, 1793 - belalang, jangkrik, katidid
Suborder Caelifera Ander, 1939 - belalang
Infraorder Acrididea
Superfamily group Acridomorpha
Superfamily Acridoidea (MacLeay, 1821) Burmeister, 1839
Family Acrididae MacLeay, 1821
Subfamily Oxyinae Brunner von Wattenwyl, 1893
Tribe Oxyini Brunner von Wattenwyl, 1893
Genus Oxya Serville, 1831
Species Oxya chinensis (Thunberg, 1815) 
      Subspecies Oxya chinensis chinensis (Thunberg, 1815) 
      Subspecies Oxya chinensis sinuosa L.L. Mishchenko, 1963

catatan:
- klasifikasi ilmiah berdasarkan Systema Naturae 2000 (http://sn2000.taxonomy.nl/)
- nama yang ada di belakang suatu takson adalah nama pengarang atau pendeskripsi takson tersebut, sementara angka tahunnya menunjukan tahun dimana takson tersebut pertama kali dipublikasikan.


Referensi:

  • Systema Naturae 2000, Oxya chinensis (sn2000.taxonomy.nl/Main/Classification/892652.htm)
  • Biolib, Oxya chinensis (www.biolib.cz/en/taxonposition/id388773/)

No comments:

Post a Comment