26 September 2013

Polimorfisme pada Serangga

Polimorfisme adalah bervariasinya warna dan ukuran suatu jenis serangga yang dapat juga yang disertai perbedaan-perbedaan perilakunya.

Contoh umum dari polimorfisme adalah pada kelompok rayap dan semut, dimana bentuk atau morfologi yang berbeda menunjukan perilaku dan fungsi yang berbeda dalam kelompoknya.


polimorfisme pada semut api Solenopsis invictaPolimorfisme pada semut api Solenopsis invicta. Bentuk atau morfologi yang berbeda menunjukan perilaku dan fungsi yang berbeda.


Serangga lain yang mempunyai kemampuan polimorfisme adalah kumbang koksi (Ladybug atau ladybird), atau kebanyakan orang mengenalnya sebagai ‘kumbang kepik’,  dimana 1 jenis yang sama bisa mempunyai bermacam jenis pola warna elitra atau sayap luarnya.

Polimorfisme pada kumbang koksi Harmonia axyridisPolimorfisme pada kumbang koksi Harmonia axyridis yang mempunyai aneka warna dan corak sayap elitra.


Beberapa serangga mengalami perubahan bentuk yang tetap, yang tidak dapat berbalik lagi pada keturunannya. Tetapi ada beberapa serangga yang mengalami perubahan bentuk secara siklus yang disebut polimorfisme siklus, seperti yang terjadi pada jenis dari kutu daun dan wereng. Pada kutu daun, perubahan warna atau bersayap-tidak bersayap terjadi tergantung pada lingkungan dan makanan.

Pada kupu-kupu Common evening brown (Melanitis leda), perbedaan musim yang ada membuatnya mempunyai corak warna yang berbeda pada musim panas dan musim hujan. Begitu juga beberapa jenis belalang yang bisa mempunyai warna yang berbeda tergantung pada suhu lingkungannya.


Common evening brown_Melanitis ledaKupu-kupu Common evening brown (Melanitis leda) dengan warna yang berbeda tergantung pada musim yang ada.


belalang hijau Atractomorpha crenulata Polimorfisme pada belalang Atractomorpha crenulata yang dipengaruhi oleh faktor suhu lingkungan. Semakin tinggi suhu, semakin besar kecenderungan terjadi perubahan warna dari hijau menjadi coklat.


referensi:

  • web.ipb.ac.id/~phidayat/entomologi/bab-06%20BIOLOGI,%20EKOLOGI,%20DAN%20PERILAKU%20edited%20fin.htm
  • onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1479-8298.2007.00256.x/abstract
  • 6legs2many.wordpress.com/2010/10/01/fire-ants/
  • en.wikipedia.org/wiki/Harmonia_axyridis
  • en.wikipedia.org/wiki/Melanitis_leda

No comments:

Post a Comment