27 May 2013

Capung badak (Orthetrum Sabina) bersayap cacat

Tanggal: 26 Mei 2013
Kamera: Canon IXY DIGITAL 510 IS
Lokasi: Desa Sukasirna, Jonggol, Bogor Timur

Pada suatu minggu sore di bulai mei, saat cuaca sedang cukup cerah setelah beberapa hari terakhir sering mendung dan hujan (padahal sepertinya harusnya sudah musim panas ya), aku mencoba untuk mencari-cari serangga yang mungkin sedang berada di halaman belakang rumah di Jonggol (Bogor) untuk diambil fotonya. Sudah beberapa minggu ini tidak sempat memotret serangga-serangga yang berkeliaran di halaman belakang karena kebetulan kameranya beberapa waktu lalu sedang berada di rumah mama di Pasar Rebo (Jaktim) karena mau digunakan untuk memotret kegiatan PAUD.

Saat itu sebenarnya aku sedang mencari anak belalang sembah dan atau belalang tanah yang beberapa waktu lalu aku lihat berkeliaran di halaman belakang. Tetapi ternyata yang aku jumpai adalah seekor capung badak (Orthetrum Sabina) yang mempunyai sayap yang cacat. Sepertinya salah satu sayapnya itu tidak dapat terkembang dengan sempurna ya, entah apa penyebabnya.

Capung badak (Orthetrum Sabina) bersayap cacat
Capung badak (Orthetrum Sabina), dengan salah satu sayapnya yang cacat, sedang hinggap di cabang pohon katuk (Sauropus androgynus) yang ada di halaman belakang rumah di Jonggol, Bogor.

Capung badak (Orthetrum Sabina) bersayap cacat 02
Tampaknya salah satu sayapnya tidak terkembang dengan sempurna saat ia berganti kulit yang terakhir kalinya dari bentuk nimfa ke bentuk capung dewasa.

sayap capung badak (Orthetrum Sabina) yang cacat
Walaupun sayapnya tidak semuanya terkembang sempurna, tetapi tampaknya kelincahannya saat terbang tidak banyak berkurang ya.

Capung badak (Orthetrum Sabina) bersayap cacat sedang menatap ke depan
Capung badak (Orthetrum Sabina) bersayap cacat sedang menatap ke depan, mungkinkah sedang memikirkan masa depannya???? Smile

Beberapa waktu sebelumnnya aku sempat juga melihat proses menetasnya seekor capung yang bersayap cacat di Youtube. Nih videonya ya:

Dragonfly metamorphosis going wrong

No comments:

Post a Comment