24 January 2013

Ulat Ngengat Daphnis nerii

Tanggal: 24 Desember 2008, 25 Januari 2009, 14 Februari 2009
Kamera: HP Sony Ericsson k800i
Lokasi: Teras atas rumah di Pasar Rebo, Jakarta Timur

Ternyata ulat dari ngengat Daphnis nerii adalah ulat-ulat yang sering aku jumpai di tanaman Tapak dara (Catharanthus roseus) ya. Di teras atas rumah memang ada beberapa pot yang berisi tanaman tapak dara. Ada yang bunganya berwarna putih, dan ada juga yang berwarna merah. Sudah seringkali daun-daun tanaman itu habis dimakan ulat-ulat ini ya.

Awalnya aku tidak tahu kalau ulat ngengat ini berada pada tahap instar terakhir, warna tubuhnya akan berubah menjadi kecoklatan. Sudah beberapa kali sebelumnya daun-daun tanaman tapak dara itu habis dimakan ulat, dan saat itu aku hanya melihat ulat yang berwarna hijau saja. Tanaman tapak dara yang dimakan daunnya juga biasanya yang berbunga putih saja ya. Sementara yang berbunga merah belum pernah sebelumnya ada ulatnya, mungkin karena letaknya yang terpisah dan agak tersembunyi.

Jadi ketika pada suatu hari aku melihat ada ulat yang berwarna kecoklatan sedang memakan daun tanaman tapak dara merah, aku mengira itu adalah ulat dari jenis yang lain. Tidak tahunya berasal dari jenis yang sama hanya saja berada pada tahapan instar yang berbeda. Dan saat itu memang daun pada tanaman tapak dara putih sudah habis semua, jadi mungkin ulat itu akhirnya pindah ke tanaman tapak dara yang bebunga merah.

Berikut adalah foto ulat ngengat Daphnis nerii pada tahapan instar yang berbeda. Tahapan instar adalah masa kehidupan ulat yang ada diantara proses ganti kulit (ekdisis) satu dengan lainnya.

ulat-tapak-dara-28903

ulat-di-pipa-763

ulatkuningtapakdara18681

referensi:

  • http://en.wikipedia.org/wiki/Daphnis_nerii
  • http://myneurons.wordpress.com/2010/09/27/oleander-hawk-moth-daphnis-nerii/

No comments:

Post a Comment