21 January 2013

Ngengat Daphnis nerii baru menetas

Tanggal: 17 Desember 2008
Kamera: HP Sony Ericsson k800i
Lokasi: Halaman samping rumah di Pasar Rebo, Jakarta Timur

Sebulan setelah mendapat Foto Ngengat Pertama, aku mendapat kesempatan lagi untuk memotret ngengat jenis lainnya. Beberapa hari sebelumnya istri memberi tahu bahwa ada kepompong yang terselip diantara pot bunga di halaman samping rumah. Setelah diperiksa, ternyata benar ada kepompong disana. Akhirnya aku mengambil dan menaruhnya di dalam gelas plastik dan meletakan gelas plastik tersebut di meja komputer, di bawah tempat monitor.

Beberapa hari kemudian, pagi hari, ketika sedang berada di depan komputer, tiba-tiba ada suara berisik. Ternyata suara itu berasal dari dalam gelas plastik yang berisi kepompong. Didalamnya telah ada seekor ngengat yang baru saja menetas yang sedang berputar-putar. Aku lalu meletakan ngengat itu ke pohon cabe yang ada di halaman samping dan memanggil istri untuk melihatnya bersama-sama.

Ngengat yang baru menetas itu ternyata dari jenis Daphnis nerii. Ngengat ini aktif di senja hari saat matahari terbenam, dan mencari makan, berupa nektar, pada berbagai jenis bunga dengan terbang mengambang (hovering) diatasnya.

ngengat-5341 ngengat-5591

ngengat-5871 ngengat-5931

kepompong

No comments:

Post a Comment