15 January 2013

Ulat Ngengat Hippotion celerio

Tanggal:26 dan 29 Desember 2008
Kamera:HP Sony Ericsson k800i
Lokasi: Teras atas rumah di Pasar Rebo, Jakarta Timur

Ngengat Hippotion celerio merupakan salah satu anggota dari family Sphingidae, dimana salah satu ciri dari larva atau ulatnya adalah adanya “ekor” atau “horn” dibagian belakang tubuhnya sehingga family sphingidae ini dikenal juga dengan nama hornworms.

Dari informasi yang terdapat di Wikipedia, aku jadi teringat dengan ulat hijau yang aku temukan yang memakan sejenis daun keladi yang tumbuh di salah satu pot yang terdapat di teras atas rumah. Rupanya ulat tersebut merupakan larva dari ngengat Hippotion celerio ya.

Ulat dari ngengat Hippotion celerio ini dapat berwarna hijau, hijau kekuningan atau bahkan coklat. “Ekor” pada bagian belakang biasanya panjang dan lurus. Ada tanda bulatan besar seperti mata berwarna kuning dan hijau terdapat pada segmen ketiga dari tubuh ulat ini. Pada segmen ke empat juga terdapat tanda bulatan tetapi lebih kecil daripada yang terdapat pada segmen ke tiga.

Sepertinya saat berada pada tahapan instar terakhir, sebelum akhirnya nanti berubah menjadi kepompong, ulat ini akan berubah warna ya. Beberapa waktu kemudian, setelah memotret ulat yang masih berwarna hijau, aku menemukannya kembali sudah berubah warna menjadi kecoklatan. Walau sudah berubah warna, tetapi tanda-tanda pada tubuhnya masih sama.

ulat-di-pohon-keladi-815

ulat-di-pohon-keladi-949

ulat-keladi-ingin-jadi-kepompong-967

referensi: en.wikipedia.org/wiki/Hippotion_celerio

1 comment: