11 Maret 2019

Ayam Poland itu Ayam Jambul

Gara-gara melihat ayam jambul alias ayam poland di kebun binatang ragunan beberapa waktu lalu, akhirnya jadi kepingin juga untuk mencoba memeliharanya. 

Setelah beberapa waktu mencari-cari informasi mengenai harga dan tempat penjualannya, akhirnya jadi juga membeli sepasang anakan ayam jambul alias ayam poland ini. Ternyata harganya lumayan juga ya. Untuk anakan yang umurnya 40an hari harganya sekitar 85ribu seekor.

Sayangnya sang anakan ayam jambul jantannya ditemukan mati pada suatu pagi di dalam kandangnya. Mungkin ada tikus atau binatang lain yang masuk ke kandang dan menggigitnya. Hal seperti itu pernah terjadi sebelumnya pada anakan ayam kate ya.

Setelah sang anakan ayam jambul jantan mati, anakan ayam jambul betina putih dipelihara dengan lebih hati-hati lagi. Mungkin karena tidak ada temannya lagi, dan juga ayam-ayam kate yang waktu itu dibiarkan berkeliaran di halaman belakang seperti galak dan suka mengejar dan menggigitnya, akhirnya anakan ayam jambul tersebut lebih sering bermain dan berkeliaran di dalam rumah ya. Kaka dai dan dede yas juga suka bermain dengan si ayam jambul betina putih tersebut yang memang merupakan ayam jambul yang sangat jinak ya.

Sayangnya si ayam jambul alias ayam poland betina putih tersebut pada suatu hari sakit dan mulai tidak doyan makan. Usaha untuk mengobatinya ternyata tidak berhasil ya. Sekitar 2 hari setelah sakit, ayam jambul betina putih tersebut pun mati.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar