11 Oktober 2017

Kumbang daun: Lilioceris sp. kawin

aaIMG_1137

Lilioceris sp. ini merupakan jenis kumbang daun yang biasa aku lihat berada di tanaman yang tumbuh di sekitar pagar bambu dari sebuah kebun yang letaknya berdekatan dengan kebun peninggalan almarhum Papa di Jonggol, Bogor, Jawa Barat.

akuIMG_1138

Saat aku mengajak anak-anak ke kebun atau ke tanah lapang pada pagi hari, sebelum membuka toko, aku sering menjumpai kumbang-kumbang daun ini, baik jenis Aulacophora foveicollis maupun Lilioceris sp. ini yang berkeliaran disekitar pagar bambu tersebut. Pada akhirnya, setiap kali aku melintasi pagar bambu tersebut, mataku selalu terarah ke sana berusaha untuk mencari keberadaan para kumbang-kumbang daun tersebut dan berharap dapat menemukan suatu hal yang menarik dari aktifitas mereka sehari-hari. Dan akhirnya pada suatu pagi, aku melihat ada pasangan kumbang Lilioceris sp. ini yang sedang kawin.

aaIMG_1143

Mungkin karena merasa terganggu dengan kehadiranku, pasangan kumbang daun Lilioceris sp. yang sedang kawin di daun nanas pagar yang tumbuh di dekat pagar bambu itu akhirnya berusaha untuk pergi dari tempatnya semula dengan berjalan naik ke tanaman rambat yang ada di dekatnya. Saat itu aku masih berusaha untuk mengambil beberapa gambarnya sampai akhirnya aku ditinggalkan oleh anak-anakku yang dituntun oleh mamanya untuk terus berjalan pulang.

bbIMG_1147

Sebenarnya aku sudah sudah beberapa kali sempat melihat dan mengambil foto dari kumbang daun Lilioceris sp. yang sedang kawin, namun baru kali ini saja yang hasilnya cukup baik Open-mouthed smile

aaIMG_1150


 

Kumbang daun: Lilioceris sp. kawin (2)

a IMG_6639-vert

Ternyata setelah melihat-lihat lagi foto-foto lama, aku menemukan jenis kumbang dari genus Lilioceris lain yang juga aku temukan disekitar pagar bambu yang sama dengan kumbang sebelumnya ya.

 

Klasifikasi ilmiah kumbang daun Lilioceris sp.
Kingdom Animalia Linnaeus, 1758 – animals
Phylum Arthropoda Lankester, 1904 – arthropods
Class Insecta Linnaeus, 1758 – insects
Order Coleoptera Linnaeus, 1758 – beetles
Family Chrysomelidae Latreille, 1802 – leaf beetles
Subfamily Criocerinae Latreille, 1807 - shining leaf beetles
Genus Lilioceris Reitter, 1912
Species Lilioceris sp.


referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar