25 April 2017

Nimfa/anakan belalang Atractomorpha crenulata betina kawin

Koleksi foto belalang Atractomorpha crenulata kawin hasil jeprat jepret kamera hape Sony Ericsson k800i – Des 2010 dan September 2011


Setelah nimfa/anakan belalang berubah menjadi belalang dewasa, maka setelah itu belalang akan mulai mencari pasangan untuk kawin dan berkembang biak. Namun ada satu hal yang aku lihat pada belalang Atractomorpha crenulata yang ada di halaman belakang yang sampai sekarang masih membuatku bertanya-tanya apa penyebabnya, yaitu adanya belalang jantan yang mencoba atau kawin dengan nimfa belalang betina yang berada pada tahapan instar terakhir dimana tahapan instar merupakan tahapan kehidupan nimfa yang berada diantara proses ganti kulit satu dengan lainnya.

(baca : Perkawinan belalang Atractomorpha crenulata)

Ketika pertama kali melihat hal tersebut, aku tidak menyadarinya. Saat itu aku melihat ada seekor belalang jantan yang sedang berusaha untuk mengawini seekor belalang betina. Namun sang belalang betina ternyata selalu berusaha untuk menghindar dan menolak perkawinan tersebut. Selain sepertinya berusaha untuk kabur dan juga mengusir sang belalang jantan yang sudah berada di punggungnya dengan cara menendang-nendangkan kaki belakangnya, sang belalang betina juga menekuk perutnya ke arah dalam untuk menjauhkan alat kelaminnya dari alat kelamin sang jantan.

Kerasnya usaha penolakan sang belalang betina itu untuk dikawini itu menarik perhatianku. Ketika aku amati lebih dekat lagi, barulah aku menyadari bahwa ternyata belalang betina itu bukanlah belalang yang sudah dewasa, tetapi masih merupakan nimfa belalang yang berada pada tahapan instar terakhir. Saat itu akhirnya sang jantan tidak berhasil mengawini sang betina


nimfa belalang Atractomorpha screnulata kawin

Beberapa waktu kemudian, menjelang malam tahun baru 2011, aku melihat lagi adanya usaha dari seekor belalang jantan untuk mengawini nimfa belalang betina. Setelah beberapa kali mencoba, akhirnya sang jantan berhasil juga mengawini sang nimfa tersebut ya, dan perkawinan itu ternyata berlangsung cukup lama sampai tengah malam dan memasuki awal tahun baru 2011.

nimfa belalang Atractomorpha screnulata kawin_3

nimfa belalang Atractomorpha screnulata kawin_2

Menjelang pergantian tahun dari 2010 ke 2011, seekor nimfa/anakan belalang Atractomorpha crenulata betina, yang pada awalnya berusaha untuk menghindar dan menolak dikawini oleh seekor pejantan, akhirnya menyerah juga dan menerima ajakan kawin dari sang jantan. Namun aku tidak tahu apakah perkawinan seperti itu akan dapat menghasilkan keturunan?


nimfa belalang menolak kawin

Beberapa bulan kemudian, pada September 2011, seekor belalang jantan berwarna coklat terlihat sedang berusaha untuk mengawini seekor nimfa belalang betina berwarna hijau. Sayang, walau sudah berkali-kali mencoba, namun sang nimfa tidak mau dikawini. Sang nimfa selalu menekuk perutnya dan menendang-nendang sang jantan saat ia berada di punggungnya sampai akhirnya si jantan pun menyerah dan pergi meninggalkannya.

(baca : Polimorfisme, penyebab adanya perbedaan warna pada belalang)

No comments:

Post a Comment