30 April 2017

Berhasil merebut belalang betina yang sedang kawin dan kemudian mengawininya

Jeprat jepret kamera hape Sony Ericsson k800i pada 5 Desember 2011 di halaman belakang rumah di Jonggol (Bogor, Jawa Barat)


a aa DSC02852

Saat perkawinan belalang Atractomorpha crenulata sedang berlangsung, kadang ada saja belalang jantan lain yang diam-diam datang dan kemudian berusaha untuk merebut sang belalang betina yang sedang kawin tersebut. Seringkali usaha perebutan belalang betina yang sedang kawin tersebut gagal dan sang belalang jantan pengganggu dapat diusir pergi. Jika pun belalang betina yang sedang kawin itu pada akhirnya dapat direbut, namun hal itu bukan berarti sang belalang jantan kedua dapat langsung mengawininya. Seringkali sang belalang betina juga menolak dan mengusirnya dengan tendangan kakinya.

(baca : Perkawinan belalang Atractomorpha crenulata dan gangguannya)


a aa DSC02847b-vert

Dari beberapa kali peristiwa perebutan belalang betina yang sedang kawin yang pernah aku saksikan di halaman belakang rumah di Jonggol, cuma sekali saja aku lihat ada belalang jantan kedua yang berhasil merebut belalang betina yang sedang kawin dengan belalang jantan pertama dan kemudian berhasil juga mengawini belalang betina tersebut. Dan aku beruntung bisa mengabadikan momet menarik tersebut dengan kamera hape sony ericsson k800i-ku ya.

(baca : Rebutan belalang betina yang sedang kawin)


a aa DSC02864-vert

Peristiwanya terjadi pada suatu siang dimana saat itu ada sepasang belalang Atractomorpha crennulata yang sedang kawin didaun bayam kakap yang ada di halaman belakang. Disaat itulah, diam-diam ada seekor belalang jantan lain yang mendekati mereka. Tidak seperti yang lainnya yang biasanya datang dari arah belakang, kali ini sang jantan kedua datang dari arah depan. Ketika sang jantan kedua melompat ke punggung sang betina dari arah depan, sang jantan pertama pun tidak dapat menendangnya dengan kaki belakang. Setelah berusaha saling mengusir, beberapa waktu kemudian kedua jantan tersebut terlihat saling diam. Sepertinya mereka saling mengintimidasi satu sama lain ya. Akhirnya sang jantan pertama sepertinya mengakui keunggulan sang jantan kedua sehingga kemudian ia melompat pergi dengan sendirinya.


a aa DSC02897-horz-vert

Setelah itu, ternyata sang belalang jantan kedua tidak langsung berusaha untuk mengawini sang betina yang berhasil direbutnya seperti yang pernah aku lihat sebelumnya. Sepertinya sang belalang jantan kedua ini cukup berpengalaman. Ia ternyata malah menempelkan dan menggesekan bagian belakang tubuhnya ke kepala sang betina terlebih dahulu. Mungkin ini untuk merayu si betina ya. Setelah mendapat respon yang baik dari sang betina, akhirnya sang belalang jantan kedua pun berhasil mengawini sang betina tanpa adanya perlawanan. Ini merupakan kali pertama aku melihat keberhasilan perkawinan belalang Atractomorpha crenulata dari usaha perebutan belalang betina yang sedang kawin.

No comments:

Post a Comment