29 April 2017

Rebutan belalang betina yang sedang kawin

DSC00448-tile

Ternyata dalam dunia belalang Atractomorpha crenulata ada juga yang namanya cinta segitiga ya. Ketika pertama kali melihat, aku kaget sendiri ketika sedang memperhatikan pasangan belalang yang sedang kawin, tiba-tiba saja ada belalang jantan lain didekatnya yang melompat ke arah pasangan belalang yang sedang kawin tersebut. Peristiwa berikutnya terjadi begitu cepat ya dan tahu-tahu sang belalang jantan yang tiba-tiba melompat tadi lalu tiba-tiba kembali melompat lagi menjauh karena ditendang oleh sang belalang jantan yang sedang kawin itu.

(baca : Perkawinan belalang Atractomorpha crenulata)


a DSC06411-tile

Sejak itu, setiap kali melihat ada pasangan belalang Atractomorpha crenulata yang sedang kawin di halaman belakang rumah, aku juga lalu memperhatikan ke sekitar tempat pasangan belalang kawin tersebut untuk mengetahui apakah ada belalang jantan lain atau tidak disekitar mereka agar aku bisa bersiap-siap untuk memotretnya jika terjadi lagi peristiwa yang menarik tersebut.


a IMG_8807-tile

Dalam beberapa kali kesempatan yang aku dapat, jarang sekali aku melihat ada belalang jantan pengganggu yang berhasil merebut belalang betina yang sedang kawin. Biasanya belalang jantan pengganggu itu dengan mudah bisa ditendang dan diusir oleh sang belalang jantan pertama yang sedang kawin atau sedang menjaga betina yang telah dikawininya itu.


c IMG_9422-tile

Jika pun belalang pengganggu berhasil mengusir pergi belalang jantan yang sedang kawin dan merebut betinanya, belum tentu ia dapat mengawini si betina dengan mudah. Sepertinya sang belalang betina tidak mudah untuk bisa menerima adanya belalang jantan lain yang tiba-tiba ingin menggantikan posisi pasangannya sebelumnya. Sang betina akan berusaha untuk mengusir sang jantan pengganggu dari punggungnya dengan tendangan-tendangan kakinya.

Cuma sekali saja aku pernah melihat ada belalang jantan yang berhasil merebut belalang betina yang sedang kawin dan akhirnya bisa mengawininya. (Baca : Berhasil merebut belalang betina yang sedang kawin dan kemudian mengawininya.)


b IMG_3408-tile

Kadang tidak cuma satu saja belalang jantan yang datang mendekat dan berusaha untuk merebut belalang betina yang sedang kawin. Kadang para jantan itu datang bergantian, namun tidak jarang pula mereka datang berbarengan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar