15 September 2014

Megalocaria dilatata, kumbang koksi terbesar yang pernah aku lihat

Jeprat jepret Canon IXY DIGITAL 510 IS – Juli 2014

Klasifikasi ilmiah kumbang koksi: Megalocaria dilatata
Kingdom: Animalia Linnaeus, 1758 – animals
Phylum: Arthropoda Latreille, 1829 – arthropods
Class: Insecta Linnaeus, 1758 – insects
Order: Coleoptera Linnaeus, 1758 – beetles
Family: Coccinellidae Latreille, 1807 – ladybirds/ladybugs (kumbang koksi) 
Genus: Megalocaria Crotch, 1871    
Species: Megalocaria dilatata (Fabricius, 1775)
Sinonim: Caria dilatata 
               Anisolemnia dilatata   

Saat sedang mengajak anak-anak bermain ke kebun pada suatu pagi, aku melihat ada seekor kumbang koksi yang berukuran sangat besar yang sedang hinggap pada suatu tanaman. Akhirnya kumbang koksi itu pun aku tangkap dan kemudian aku taruh di halaman belakang rumah di Jonggol untuk diambil gambarnya .


kumbang koksi Megalocaria dilatata yang mempunyai ukuran panjang 10-12.5 mm, dan lebar 9-10 mmTernyata itu adalah kumbang koksi Megalocaria dilatata yang mempunyai ukuran panjang 10-12.5 mm, dan lebar 9-10 mm. Makanannya salah satunya adalah serangga-serangga kecil yang terdapat pada tanaman bambu. Saat aku temukan, kumbang koksi ini memang berada di dekat tanaman bambu. Ini merupakan kumbang koksi terbesar yang pernah aku lihat ya.


Referensi:

  • Biolib, Megalocaria dilatata (Fabricius, 1775) (http://www.biolib.cz/en/taxonposition/id551542/)
  • Factsheets on Agriculturally Important Insects, Megalocaria dilatata (Fabricius) (http://www.nbaii.res.in/Featured_insects/Megalocaria-dilatata.php)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar