02 Agustus 2013

Kupu-Kupu Common Five Ring (Ypthima baldus) Kawin

kupu-kupu Common Five Ring (Ypthima baldus) kawin.

Tanggal: 01 Agustus 2013
Kamera: Canon IXY DIGITAL 510 IS
Lokasi:    Jonggol, Bogor Timur, Jawa Barat

Pada suatu siang di bulan Ramadhan 2013, ketika aku sedang membakar sampah dan setelah itu ingin menyapu halaman depan rumah kecil yang ada di kebun, tiba-tiba aku dikejutkan dengan sesuatu yang terbang dengan lambat ketika aku baru saja beberapa kali mengayunkan sapu lidiku di halaman depan itu.

Ketika aku dekati dan melihatnya dengan jelas, ternyata itu adalah sepasang kupu-kupu Common Five Ring (Ypthima baldus) yang sedang kawin. Wah..senangnya bisa melihat kupu-kupu kawin lagi.

Melihat ada kupu-kupu kawin, segera saja aku mengeluarkan kamera peninggalan almarhumah adikku yang memang biasanya sengaja aku bawa jika aku pergi ke kebun walau pun mungkin saat itu hanya ingin membakar sampah saja.

Akhirnya aku berhasil juga mendapatkan beberapa foto dari kupu-kupu Common Five Ring (Ypthima baldus) yang sedang kawin. Beberapa tetangga yang sedang melintas di depan kebun sempat terheran-heran melihat tingkahku dan menanyakan apa yang sedang aku lakukan saat itu di halaman depan…Kaya kurang kerjaan aja kata seseorang dari mereka setelah aku beritahukan apa yang sedang aku lakukan saat itu…hehehehe memang lagi kurang kerjaan ya sahutku sambil tertawa…

Akhirnya setelah puas memotret kupu-kupu kawin tersebut, aku pun kembali ke toko yang letaknya sekitar 100 m dari kebun dan berada di tepi jalan tanpa meneruskan lagi menyapu halaman depan rumah kecil yang ada di kebun itu…besok-besok aja deh nyapunya lagi Open-mouthed smile


kupu-kupu Common Five Ring (Ypthima baldus) kawin di rerumputan
Awalnya kupu-kupu Common Five Ring (Ypthima baldus) yang sedang kawin itu terbang ke rerumputan ketika terganggu olehku yang saat itu baru saja mulai untuk menyapu halaman depan rumah kecil yang ada di kebun di Jonggo, Bogor, Jawa Barat.


kupu-kupu Common Five Ring (Ypthima baldus) kawin di atas tanah
Namun karena terganggu dengan kehadiranku di dekat mereka, akhirnya pasangan kupu-kupu yang sedang kawin di rerumputan itu pun terbang lagi dan hinggap di atas tanah yang tidak jauh dari tempatku berada.


kupu-kupu Common Five Ring (Ypthima baldus) kawin di sapu lidi
Tetapi karena masih merasa terganggu dengan pergerakanku yang mungkin terlalu terburu-buru mengejar mereka, akhirnya kupu-kupu kawin itu sempat juga terbang lagi dan hinggap di sapu lidi yang aku geletakan begitu saja di atas tanah saat aku pertama kali melihat mereka .


kupu-kupu Common Five Ring (Ypthima baldus) kawin di jari
Akhirnya aku pun bergerak dengan lebih hati-hati dan perlahan-lajhan sehingga akhirnya pasangan kupu-kupu kawin tersebut tidak lagi merasa terganggu dengan kehadiranku. Ketika aku coba untuk mendekatkan jari telunjuk ku ke dekat dari salah satu mereka, perlahan-lahan mereka pun mulai naik ke atasnya…wah senangnya!!!


kupu-kupu Common Five Ring (Ypthima baldus) kawin di jari 02
Akhirnya aku bisa juga membuat Kupu-kupu Common Five Ring (Ypthima baldus) sedang kawin itu naik ke jariku Open-mouthed smile


Tidak ada komentar:

Posting Komentar