02 May 2013

Klasifikasi Ilmiah Undur-Undur – Order Neuroptera, Suborder Myrmeleontiformia

undur-undur dewasa menyerupai capung jarum
Antlions atau undur-undur dewasa bentuknya menyerupai capung jarum

Serangga merupakan hewan yang mempunyai bentuk sangat beragam dan hampir bisa ditemui dalam segala kondisi lingkungan yang ada. Lebih dari 1 juta spesies telah dideskripsikan, jumlah yang melebihi dari separuh makhluk hidup yang telah dikenal di dunia sekarang ini.

Untuk memudahkan mengenali dan mempelajarinya, para ahli biologi telah mengklasifikasikan atau mengelompokan serangga ini ke dalam beberapa ordo (bangsa). Namun karena adanya penemuan-penemuan baru, pada akhirnya klasifikasi serangga pun mengalami perubahan-perubahan. Sayangnya para ahli sepertinya belum sepakat untuk menetapkan satu klasifikasi yang bisa dipakai secara umum saat ini, sehingga sekarang ini ada beberapa sistem klasifikasi yang mempunyai beberapa perbedaan satu sama lain di dalamnya.

Dari beberapa klasifikasi yang ada di beberapa situs, akhirnya aku memutuskan untuk mengikuti klasifikasi yang terdapat pada situs Systema Naturae 2000. Ini dikarenakan klasifikasi yang diberikan mempunyai hubungan yang jelas antar tingkatan atau taksonnya sehingga memudahkanku, sebagai orang awam, untuk memahaminya.

Secara umum, urutan klasifikasi makhluk hidup yang digunakan sekarang ini adalah sebagai berikut, dimulai dari tingkat tertinggi ke terendah yaitu Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), Famili (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis). 

Berikut adalah klasifikasi ilmiah Undur-Undur:

Systema Naturae 2000 / Classification, Suborder Myrmeleontiformia
Domain: Eukaryota – organisme dengan sel kompleks
Kingdom: Animalia – hewan 
Subkingdom: Bilateria – mempunyai simetri bilateral
Branch: Protostomia
Infrakingdom: Ecdysozoa – berganti kulit
Superphylum: Panarthropoda
Phylum: Arthropoda – hewan berbuku-buku
Subphylum: Mandibulata – mempunyai mandibula
Infraphylum: Atelocerata – bernafas dengan trakea
Superclass: Panhexapoda
Epiclass: Hexapoda – berkaki 6
Class: Insecta – serangga
Subclass: Dicondylia – ada 2 titik artikulasi pada rahang
Infraclass: Pterygota – serangga bersayap
Division: Neoptera – dapat melipat sayapnya ke perut
Subdivision: Endopterygota – metamorfosis sempurna
Superorder: Neuropterida
Order: Neuroptera – bangsa serangga bersayap jala
Suborder: Myrmeleontiformia 
Family: Myrmeleontidae – keluarga undur-undur (antlions)

Infraclass: Pterygota

Division: Neoptera Martynov, 1923serangga bersayap yang dapat melipat sayap ke bagian perut. Kemampuan ini telah hilang pada beberapa kelompok kecil, seperti pada beberapa jenis kupu-kupu dan ngengat.

Subdivision: Endopterygota Sharp, 1898 – kelompok serangga yang mengalami metamorfosis sempurna, dimana siklus hidupnya meliputi telur, larva, kepompong/pupa dan serangga dewasa. Larva dan serangga dewasa mempunyai bentuk dan kebiasaan yang berbeda.

Superorder: Neuropterida – neuropterida merupakan serangga yang terlihat cukup primitif dengan sayapnya besar tetapi otot sayapnya lemah sehingga terbangnya terlihat canggung. Kebanyakan serangga dewasa aktif pada senja atau malam hari, sementara banyak jenis larvanya yang tinggal di air. Larvanya, sebagaimana halnya pada banyak serangga dewasanya juga, merupakan predator yang memakan antropoda kecil.

Order: Neuroptera Linnaeus, 1758bangsa serangga bersayap jala (net-winged insects), meliputi lacewings, mantidflies, antlions dan kerabatnya.
Neuropterans merupakan serangga bertubuh lunak dengan penampilan khas yang relatif sedikit. Matanya merupakan mata kompon yang besar dan pada beberapa spesies terdapat juga mata oseli. Mulutnya mempunyai rahang yang kuat yang cocok digunakan untuk mengunyah. Serangga ini tidak memiliki banyak variasi adaptasi sebagaimana halnya yang terdapat pada serangga-serangga lain yang juga berada dalam kelompok Endopterygota.
Serangga dewasa mempunyai 4 sayap membran yang biasanya mempunyai bentuk dan ukuran yang sama dan memiliki banyak venasi (pertulangan sayap). Beberapa spesies mempunyai organ perasa di sayapnya, atau bulu-bulu, atau struktur lain untuk menghubungkan sayap-sayapnya saat terbang.
Serangga ini mengalami metamorfosis sempurna. Larvanya merupakan predator yang khas yang rahangnya beradaptasi memanjang untuk dapat digunakan sebagai alat penusuk dan penghisap. Bentuk tubuh larvanya bervariasi, tergantung dari spesies dan makanannya. Umumnya mereka mempunyai 3 pasang kaki dengan 2 cakar pada ujungnya.

Suborder: Myrmeleontiformia

Family: Myrmeleontidae Latreille – keluarga dari serangga yang larvanya dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama antlions atau ant lions, sementara untuk serangga dewasanya tidak ada nama khususnya walau kadang (tetapi jarang sekali) disebut dengan nama antlion lacewings. Kadang larvanya disebut juga dengan nama doodlebug. Sementara dalam bahasa Indonesia, larva serangga ini dikenal dengan nama undur-undur.
Antlions atau undur-undur ini tersebar luas di dunia dengan sekitar 2000 spesies. Umumnya serangga ini hidup di daerah yang kering dan berpasir. Ukuran serangga dewasanya bervariasi, dengan rentang sayap mulai dari 2-15 cm. Larvanya biasanya membuat jebakan di pasir dan memangsa serangga kecil yang terjebak, terutama semut. Beberapa jenis serangga dewasa memakan pollen dan nektar sedangkan lainnya tetap menjadi predator dengan memangsa serangga kecil lainnya.
Undur-undur dewasa bentuknya menyerupai capung atau capung jarum dengan 2 pasang sayap yang panjang, sempit, dan memiliki banyak pertulangan (venasi). Perutnya panjang dan ramping. Undur-undur dewasa dapat dibedakan dengan capung jarum dari bentuk antenanya yang lebih panjang dan tebal dengan ujung antena yang memiliki bulatan (club). Dan juga pertulangan pada sayapnya mempunyai corak yang berbeda dengan yang terdapat pada capung jarum. Undur-undur dewasa merupakan penerbang yang lemah dan aktif di malam hari untuk mencari pasangan.

Catatan: nama yang ada di belakang suatu takson adalah nama pengarang atau pendeskripsi takson tersebut, sementara angka tahunnya menunjukan tahun dimana takson tersebut pertama kali dipublikasikan.

***

*****

Situs Referensi:

1 comment:

  1. Terimakasih, info yang bermanfaat,
    Kami adalah penyedia undur-undur, bagi Anda yang ingin mengkonsumsi undur-undur untuk pengobatan ataupun kesehatan atau berminat menjadi reseller ataupun dropshiper, silahkan,
    WA 082220833479
    BBM 5D7880B7

    ReplyDelete