06 Januari 2013

Berjumpa Lagi dengan Ngengat Hippotion celerio

Tanggal: 2 Januari 2013
Kamera: Canon IXY DIGITAL 510 IS
Lokasi: Teras atas rumah di Pasar Rebo, Jakarta Timur

Sejak hape Sony Ericsson k800i-ku rusak lagi, mati total, akhirnya untuk kegiatan potret-memotret aku beralih menggunakan kamera digital Canon IXY DIGITAL 510 IS, peninggalan almarhum adik perempuanku yang meninggal pada Juli 2012 lalu.

Setelah 3 tahun sejak mendapatkan Foto Ngengat Pertama, aku tidak pernah lagi melihat seekor pun ngengat Hippotion celerio disekitar rumah di Pasar Rebo, Jakarta.

Pada suatu sore menjelang magrib, akhirnya aku bisa berjumpa lagi dengan ngengat yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Silver-striped Hawk-Moth atau Vine Hawk-Moth ini di teras atas rumah dimana ada beberapa pot tanaman yang diletakan disana. Ketika itu aku, yang sedang membawa segayung air untuk menyiram kucing-kucing yang sedang berkelahi diatap kamar mandi rumah, sedang berjalan perlahan diantara tanaman yang ada di teras atas ketika tiba-tiba dari salah satu tanaman yang ada didekat kakiku, ada “sesuatu” yang terbang menjauh, namun kemudian kembali dan hinggap lagi di salah satu tanaman yang ada.

Ketika aku dekati dan amati lebih dekat, ternyata itu adalah seekor ngengat Hippotion celerio yang sudah bertahun-tahun tidak pernah lagi aku temui di sekitar rumah di Pasar Rebo. Segera saja aku memanggil adik iparku untuk membawakan kamera. Untunglah aku bisa mendapatkan beberapa foto ngengat sebelum akhirnya ia terbang menjauh lagi. Sepertinya sih memang sudah waktunya ia untuk mulai beraktifitas karena sebentar lagi magrib akan datang dan malam pun akan tiba. Ngengat memang pada umumnya aktif di malam hari ya.

Ngengat Hippotion celerio atau Silver-striped Hawk-Moth / Vine Hawk-Moth (1)

Ngengat Hippotion celerio atau Silver-striped Hawk-Moth / Vine Hawk-Moth (2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar