27 September 2017

Momen langka: Capung jarum Ischnura senegalensis kawin bertiga

Sebelumnya, aku sudah pernah melihat dan memotret capung-capung jarum Ischnura senegalensis yang sedang kawin ya, namun belum pernah melihat ada capung jarum Ischnura senegalensis yang kawin sampai bertiga seperti yang terlihat di foto-foto berikut.

Foto-foto momen langka dan unik saat capung jarum kawin bertiga dan tulisan berikut merupakan karya dari seorang teman di FB, M. Soedjoko.


Ischnura senegalensis 1

Moment unik

Emmmm...
Sebenarnya waktu itu lagi pingin moto burung Bubut. Sambil nunggu si Bubut nonggol, dan daripada bengong...iseng-iseng motoin laba-laba air, juga capung yg lg bersliweran.. Pas lagi fokus motoin 'Capung tentara' yg lagi mating eh..ada CJ (capung jarum) yang lagi mating juga.. Setelah jeprat-jepret, sejenak ku amati sekitar dan ternyata di satu petak (anggap saja 2x2 meteran) ada sekitar 8 pasangan CJ yang lagi mating. Mungkin bisa lebih karena waktu itu melimpah banget... Setelah puas mengamati, aku jeprat-jepret lagi..

Pas lagi mau jepret, ada seekor CJ yang lagi nyamber-nyamber salah satu pasangan CJ yang lagi mating.. Saya kira akan dimangsa…setelah saya amati dengan kamera, dan ternyata mengejutkan sekali!!! Entah si capung (jarum) tadi mau merebut pasangannya, entah mau berbagi ato entah...aaahhhh..daripada keburu ilang (pikirku) akhirnya ku jepret saja..waktu itu jarak saya dan objek sekitar 2m-an...setelah beberapa jepretan sebelum salah satunya lepas sempat ada CJ lain yg ingin mengganggu...dan pada akhirnya salah satu harus lepas dan merelakan pasangan tadi menikmati 'mating'nya...

M. Soedjoko

Ischnura senegalensis 2Ischnura senegalensis 3Ischnura senegalensis 4Ischnura senegalensis 5Ischnura senegalensis 6Ischnura senegalensis 7Ischnura senegalensis 8Ischnura senegalensis 9

Benar-benar momen yang langka dan unik kan saat capung jarum Ischnura senegalensis kawin bertiga.


sumber: https://www.facebook.com/m.s.djoko/media_set?set=a.1192736047414560.1073741873.100000345277179&type=3

No comments:

Post a Comment