14 March 2017

Nyemplung dan kelenger saat sedang kawin

aIMG_6170

Pada suatu hari, saat akan mencuci tangan di kran air yang ada di halaman belakang rumah di Jonggol (Bogor – Jawa Barat), aku melihat ada sepasang belalang Atractomorpha crenulata sedang kawin yang  terapung-apung di dalam ember yang hampir penuh terisi air yang ada di bawah kran air tersebut.

aIMG_6177

Saat aku angkat dari ember tersebut, sepasang belalang yang masih berada dalam posisi kawin tersebut tidak menunjukan tanda-tanda kehidupan. Mereka diam saja sehingga aku pun mengira mereka berdua sudah mati karena mungkin sudah terlalu lama berada di dalam ember yang berisi air tersebut. Wah lumayan buat koleksi nih, pikirku saat itu, sepasang belalang yang mati dalam keadaan masih kawin.

aIMG_6195

Tetapi tidak lama kemudian, ternyata belalang jantan mulai menunjukan tanda-tanda kehidupan. Ia mulai bergerak-gerak dan tidak lama kemudian ia pun bangun. Walau pun begitu, ia tetap saja berada pada posisi kawin sementara sang betina belum juga menunjukan tanda-tanda apa pun sehingga aku tidak yakin apakah si betina masih hidup atau sudah benar-benar mati. Saat berada di dalam ember yang berisi air tersebut, posisi si betina memang sudah setengah tenggelam karena berada dibawah sang jantan.

aIMG_6201

Lebih dari 30 menit kemudian, ternyata sang betina juga mulai sadar. Akhirnya ia pun bangun dari pingsannya dan ternyata mereka terus saja melanjutkan proses perkawinannya tersebut…wah…wah…emang ga ada matinya kali nih si belalang ya hehehehe

aIMG_6207

No comments:

Post a Comment