06 Januari 2017

Enaknya Buah Jambu Biji Kristal

buah jambu biji kristal

Akhirnya pohon jambu biji kristal yang ditanam dihalaman belakang rumah mulai berbuah lagi, dan kali ini buahnya lebih banyak dari sebelumnya..Alhamdulillah…


buah jambu biji kristal ke 2 dan ke 3

Beberapa buah jambu biji kristal yang pertama kali muncul pada kali itu ternyata akhirnya mempunyai ukuran yang cukup besar ya. Salah satunya duanya adalah seperti yang terlihat pada gambar atas yang merupakan buah jambu biji kristal kedua dan ketiga dari 3 buah jambu biji kristal yang pertama kali ada saat itu.


buah jambu biji kristal_3

Akhirnya ketika kedua buah jambu biji kristal tersebut dipetik dan ditimbang. Ternyata beratnya hampir mencapai 9 ons ya…lumayan..daripada lu manyun..hehehe. Sementara buah jambu biji kristal yang pertama kali ada sudah dipetik dan dimakan beberapa waktu sebelumnya.


buah jambu biji kristal_4

Dibandingkan dengan buah jambu biji biasa, buah jambu biji kristal ini rasanya lebih enak dan mempunyai biji yang lebih sedikit ya.


dede Iyas dan buah jambu biji kristal

Dede Iyas sangat menyukai buah jambu biji kristal ini ya, sudah berkali-kali sebelumnya ia selalu bertanya kapan buah jambunya boleh dipetik dan dimakan. Ketika akhirnya buah jambu biji kristal tersebut dipetik, ia sangat menikmati saat memakannya..yummmy….


buah jambu biji kristal pertama

Jambu Biji Kristal merupakan salah satu varian dari jambu biji. Ditemukan pada tahun 1991 di District Kao Shiung –Taiwan dan diperkenalkan ke Indonesia pada tahun 1991 oleh Misi Teknik Taiwan. Pohon jambu biji kristal yang ditanam di halaman belakang merupakan cangkokan tanaman jambu biji kristal pemberian dari paman ya.

Klasifikasi ilmiah buah jambu biji
Kingdom Plantae
(unranked) Angiosperms
(unranked) Eudicots
(unranked) Rosids
Order Myrtales
Family Myrtaceae
Subfamily Myrtoideae
Tribe Myrteae
Genus Psidium
Species Psidium guajava L.

Nama Indonesia: jambu biji, jambu klutuk, jambu siki
Nama Inggris : common guava, yellow guava, lemon guava

Informasi lebih lanjut mengenai jambu biji kristal lihat di:
- https://en.wikipedia.org/wiki/Psidium_guajava
- https://id.wikipedia.org/wiki/Jambu_biji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar