06 June 2015

Lalat kumbang – Famili Celyphidae

Ordo Diptera
Famili Celyphidae – beetle flies, beetle-backed flies

Lalat atau kumbang?
Jeprat jepret Canon IXY DIGITAL 510 IS – Oktober 2014

a15juni_IMG_8365Pada suatu pagi, ketika sedang melihat-lihat halaman belakang, aku melihat ada seekor serangga yang bentuknya cukup aneh dan unik hinggap di dekatku. \


Beberapa bulan kemudian aku mendapat sedikit informasi mengenainya. Ternyata serangga yang awalnya aku kira sejenis kumbang itu, berasal dari sejenis lalat dari keluarga Celyphidae, atau lalat kumbang. Keluarga lalat yang bentuknya cukup aneh dan unik ini dapat dikenali dari scutellum-nya, yang merupakan bagian belakang dari thorax, yang berkembang dan membesar, membentuk semacam pelindung pada punggungnya, yang membuatnya sepintas mirip dengan kumbang. Saat ini ada sekitar 90 jenis lalat kumbang yang telah diketahui ya.


aIMG_8381-vertSeperti halnya kumbang, warna lalat kumbang ini biasanya bersinar atau berwarna metalik. Sayapnya, saat hinggap, akan terlipat di bawah lapisan pelindung/scutellar shell-nya.


aIMG_8375-vertSayangnya, sejak itu, lalat aneh dan unik yang berukuran cukup kecil ini belum pernah lagi aku jumpai lagi.


Referensi

No comments:

Post a Comment