15 Februari 2014

Kumbang Kaki Kodok – Sagra sp.

Kumbang Kaki Kodok – Sagra sp.

Beberapa waktu lalu aku dan keluarga berkunjung dan menginap di rumah adikku di daerah Malang, Jawa Timur. Di dekat rumah adikku tersebut ada sebuah tanah lapang yang disekelilingya banyak ditumbuhi tanaman kangkung hutan (Ipomoea fistulosa). Tanah lapang itu merupakan salah satu tempat kesukaanku karena ada banyak jenis serangga yang tinggal di sana. Jadi setiap kali ada kesempatan untuk berkunjung ke tempat adikku itu, aku pasti akan menyempatkan waktu untuk melihat-lihat tanah lapang tersebut dan seranga-serangga yang tingal disana.

Selain Belalang Sembah Asia Raksasa - Hierodula patellifera, salah satu serangga cantik lain yang aku temukan diantara tanaman kangkung hutan yang ada di tanah lapang tersebut beberapa waktu lalu adalah jenis  kumbang kaki kodok (frog-legged beetles) atau kumbang kangguru (kangaroo beetles) dari jenis Sagra sp. Saat itu merupakan kali pertama aku menemukan dan melihat kumbang kaki kodok tersebut ya.

Karena baru pertama kali melihat dan menemukannya, hal itu benar-benar mengejutkan dan membuatku sangat bersemangat sehingga akhirnya aku mengajak si kecil Daisuki, anakku yang berusia 3 tahun, dan juga adik iparku untuk berkeliling dan mencari kumbang kaki kodok lain yang mungkin masih ada. Akhirnya aku berhasil mendapatkan 3 ekor kumbang kaki kodok yang cantik tersebut.

Aku lalu membawa kumbang-kumbang kaki kodok tersebut ke rumah adikku dan meletakannya dalam wadah plastik. Awalnya aku berniat untuk nantinya membawa pulang kumbang-kumbang kaki kodok tersebut ke rumahku di Jonggol (Jawa Barat) dan memeliharanya, namun karena tidak tertutup rapat, akhirnya tanpa sepengetahuanku, kumbang-kumbang kaki kodok tersebut berhasil keluar dan pergi Sad smile

Kumbang Kaki Kodok – Sagra sp._2

Kumbang Kaki Kodok – Sagra sp._3

Kumbang Kaki Kodok – Sagra sp._4

Kumbang Kaki Kodok – Sagra sp._5

Klasifikasi ilmiah kumbang kaki kodok Sagra sp.
Kingdom Animalia Linnaeus, 1758 – hewan
Phylum Arthropoda Latreille, 1829 – hewan berbuku-buku
Class Insecta Linnaeus, 1758  – serangga
Order Coleoptera Linnaeus, 1758 – kumbang
Family Chrysomelidae Latreille, 1802 – kumbang daun
Genus Sagra Fabricius, 1792 – kumbang kaki kodok
Species Sagra sp.


referensi:

  • en.wikipedia.org/wiki/Sagra_%28genus%29
  • sn2000.taxonomy.nl/Main/Classification/26667.htm
  • www.biolib.cz/en/taxonposition/id55609/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar