27 January 2013

Capung Jarum Ischnura senegalensis kawin

Tanggal: 3, 4 dan 7 Juni 2012
Kamera: Canon IXY DIGITAL 950 IS
Lokasi: Tambak bandeng, Gresik, Jawa Timur

Beberapa waktu lalu, aku, istri dan si kecil daisuki berkunjung ke rumah kakak ipar di Gresik, Jawa Timur, untuk menghadiri khitanan anaknya.

Ketika berjalan-jalan dan bermain bersama si kecik daisuki di sekitar rumah kakak ipar yang ditumbuhi rerumputan dan tanaman semak liar, aku melihat ada beberapa ekor capung jarum yang berkeliaran di sana. Mungkin capung-capung jarum itu berasal dari area pertambakan ikan bandeng yang letaknya tidak jauh dari perkampungan di mana kakak ipar tinggal ya.

Capung jarum itu ternyata dari spesies Ischnura senegalensis. Capung jarum jenis ini mempunyai beberapa variasi warna ya. Capung jarum jantan bisa mempunyai warna sisi samping thorax hijau atau biru muda. Sedangkan capung jarum betinanya lebih beragam lagi warnanya, bisa berwarna zaitun, oranye, merah, atau menyerupai capung jarum jantan.

IMG_2168 Capung jarum Ischnura senegalensis jantan.

IMG_2169baru Capung jarum Ischnura senegalensis betina.

IMG_2506Capung jarum Ischnura senegalensis betina.

Beberapa hari kemudian, ketika aku menemani anak, istri dan para keponakanku bermain dan berjalan-jalan ke area pertambakan, di salah satu tempat di area pertambakan, aku menemukan banyak sekali pasangan capung jarum Ischnura senegalensis yang sedang kawin…wah senangnya bukan main bisa melihat proses capung kawin!!!

Sepertinya tempat itu merupakan lokasi yang ideal untuk para capung jarum itu untuk kawin ya, karena di tempat lain di sekitar area pertambakan tidak aku jumpai hal yang serupa, paling hanya kumpulan capung jarum yang hinggap di rerumputan saja tanpa ada yang melakukan Proses Capung Kawin Smile

IMG_2502 IMG_2503

IMG_2461Sepasang capung jarum Ischnura senegalensis dengan warna yang berbeda sedang kawin (atas); sementara pasangan lainnya mempunyai warna yang serupa (bawah).

IMG_2297

IMG_2292Pasangan-pasangan capung jarum Ischnura senegalensis lain dengan warna yang berbeda.

Referensi:

  • http://en.wikipedia.org/wiki/Ischnura_senegalensis
  • http://www.biolib.cz/en/taxonposition/id31726/
  • http://www.fobi.web.id/v/odonata/f-coe/isc-sen
  • http://jujujitu.blogspot.com/2011/05/perkawinan-capung.html

No comments:

Post a Comment