21 Juli 2014

Udaspes folus – Grass Demon

Klasifikasi ilmiah kupu-kupu skipper: Udaspes folus
Common name: Grass Demon
Kingdom: Animalia Linnaeus, 1758 – animals
Phylum: Arthropoda Latreille, 1829 – arthropods
Class: Insecta Linnaeus, 1758 – insects
Order: Lepidoptera Linnaeus, 1758 – butterflies and moths
Family: Hesperiidae Latreille, 1809 – skippers
Genus: Udaspes Moore, 1881
Species: Udaspes folus (Cramer, 1775)
Sinonim: Hesperia cicero Fabricius, 1793
                Papilio folus Cramer, 1775

1. Tergoda skipper si kupu-kupu
Jeprat jepret hape Sony Ericsson k800i (2010)

Saat masih bekerja di salah satu tempat fitness yang ada di daerah Pasar Induk Kramat Jati (Jakarta Timur), aku pernah memotret seekor kupu-kupu skipper yang sedang hinggap di salah satu tanaman yang ada di halaman tempat fitness tersebut. Saat itu aku sebenarnya sedang berlatih beban, tetapi karena melihat kupu-kupu skipper ini, akhirnya aku malah sibuk memotretnya sehingga latihanku pun jadi terganggu.

Kupu-kupu skipper 'Grass Demon' (Udaspes folus) yang berhasil aku potret dengan kamera hape Sony Ericsson k800iKupu-kupu skipper 'Grass Demon' (Udaspes folus) yang berhasil aku potret dengan kamera hape Sony Ericsson k800i.


2. Grass Demon di halaman belakang
Jeprat jepret Canon IXY DIGITAL 510 IS (2012)

Grass Demon di halaman belakang Sekitar 3 tahun kemudian, aku berhasil memotret lagi kupu-kupu skipper 'Grass Demon' (Udaspes folus) yang saat itu, dalam beberapa hari, berkeliaran di halaman belakang rumah di Jonggol, Bogor, Jawa Barat.


telur kupu-kupu skipper Udaspes folusRupanya kupu-kupu skipper dengan rentang sayap 4–4,8 cm itu sedang mencari tempat untuk bertelur. Di salah satu daun pohon kunyit yang ada di halaman belakang, aku menemukan sebutir telur kupu-kupu skipper 'Grass Demon' ini. Ulatnya memang memakan daun Kunyit (Curcuma longa), Jahe (Zingiber officinale) dan kerabatnya.


3. Kepompong dan skipper yang gagal menetas
Jeprat jepret Canon IXY DIGITAL 510 IS (2014)

Setahun kemudian, pada suatu hari, saat sedang melihat-lihat halaman belakang rumah di Jonggol, aku melihat ada bagian daun pohon kunyit yang tergulung. Biasanya ada ulatnya yang bersembunyi di dalamnya. Sudah beberapa kali sebelumnya aku mencoba untuk memotret ulat yang ada di dalam gulungan daun kunyit, namun hasilnya kurang memuaskan karena ulatnya selalu lari bersembunyi ke dalam gulungan daunnya setiap kali aku mendekat. Tetapi saat itu ketika aku intip, ternyata yang aku lihat adalah sebuah kepompong. Aku pun lalu membuka gulungan daun itu agar bisa melihat kepompong tersebut dengan lebih jelas. Ketika gulungan daun itu terbuka, ternyata kepompong di dalamnya sudah mati. Sepertinya ada parasit yang membunuhnya dari dalam.

Gulungan daun dan kepompong kupu-kupu skipper 'Grass demon' (Udaspes folus)Gulungan daun dan kepompong kupu-kupu skipper 'Grass demon' (Udaspes folus) yang sudah mati yang aku temukan pada pohon kunyit yang ada di halaman belakang rumah di Jonggol (atas). Di daun kunyit yang lain, yang berada dibagian bawah pada pohon yang sama, aku melihat ada kepompong lain yang masih hidup.


kupu-kupu skipper gagal menetas1 minggu kemudian, pada suatu sore, aku melihat kepompong tersebut mulai berubah warnanya. Kepompongnya mulai sedikit transparan sehingga warna kupu-kupu di dalamnya mulai terlihat. Sepertinya kupu-kupunya akan menetas pada keesokan harinya. Esok paginya aku lihat warna kepompong tersebut semakin transparan saja. Namun sayangnya karena kesibukan yang ada, aku sempat melupakan kepompong tersebut. Menjelang sore barulah aku ingat kembali dan segera memeriksanya. Ternyata kupu-kupu skippernya gagal menetas dan sudah mati dengan sebagian tubuh masih berada di dalam kepompongnya. Entah apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi ya.


Referensi:

  • Biolib, Grass Demon Udaspes folus (Cramer, 1775) (http://www.biolib.cz/en/taxonposition/id650517/)
  • Butterflies of Singapore, Life History of the Grass Demon (http://butterflycircle.blogspot.sg/2013/06/life-history-of-grass-demon.html)
  • Systema Naturae 2000, Genus Udaspes (http://sn2000.taxonomy.nl/Main/Classification/198428.htm)
  • Wikipedia, Udaspes folus (http://en.wikipedia.org/wiki/Udaspes_folus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar