22 Juli 2013

Kupu-kupu Common Bushbrown (Mycalesis perseus) Kawin

Kupu-kupu Common Bushbrown (Mycalesis perseus) Kawin

Tanggal: 25 Januari 2012
Kamera: HP Sony Ericsson K800i
Lokasi: Jonggol, Bogor Timur, Jawa Barat

Sebelum tahun 2012, aku sudah tinggal di Jonggol bersama Papa untuk membantunya mengurus usaha cuci motor dan toko kecilnya yang didirikan beberapa waktu setelah Papa pensiun. Sementara istri dan anakku tinggal bersama Mama di Pasar Rebo. Saat itu adik perempuanku masih tinggal dan bekerja di Jepang.

Ketika akhirnya Papa meninggal pada pertengahan tahun 2011, adik perempuanku pun pulang kembali ke Indonesia. Ketika ia telah menikah dan renovasi rumah pun telah selesai, akhirnya tiba saatnya untukku kembali ke Jonggol dan meneruskan usaha peninggalan Papa yang telah berjalan sebelumnya.

Memasuki awal tahun 2012, akhirnya aku tinggal kembali di Jonggol. Kali ini aku tinggal bersama dengan istri dan anakku, si kecil Daisuki yang saat itu umurnya telah genap 1 tahun. Sementara adik perempuanku dan suaminya tinggal bersama Mama di Pasar Rebo. (Beberapa bulan kemudian, pada pertengahan tahun 2012, adik perempuanku ternyata meninggal dunia juga sehingga akhirnya istri dan anakku kembali tinggal bersama Mama di Pasar Rebo, sementara aku sejak saat itu jadi tinggal sendiri saja di Jonggol.)

Ketika aku mulai tinggal lagi di Jonggol, kebetulan saat itu sedang musim rambutan. Rambutan merupakan salah satu buah kesukaan si kecil Daisuki ya. Di kebun kebetulan tumbuh beberapa pohon rambutan ya sehingga aku akhirnya jadi sering mengajak Daisuki untuk bermain sambil memetik rambutan di sana.

Ketika akhirnya ada yang memborong buah-buah rambutan yang ada di kebun dan memetiknya, aku lalu mengajak si kecil Daisuki dan istri untuk melihatnya.

Saat itu daisuki belum bisa berjalan ya, jadi aku menggendongnya ke kebun. Saat sedang menggendong Daisuki dan melihat proses pemetikan buah-buah rambutan tersebut itulah aku melihat ada sesuatu yang terbang dengan cara yang aneh diantara semak-semak yang ada didekatku.

Ketika aku dekati, ternyata itu adalah sepasang kupu-kupu Mycalesis perseus yang sedang kawin. Melihat ada hal itu, aku segera menghampiri istri dan menyerahkan si kecil Daisuki kepadanya. Setelah itu aku bergegas kembali ke tempat dimana tadi aku melihat pasangan kupu-kupu Mycalesis perseus yang sedang kawin itu.

Akhirnya dengan kamera HP Sony Ericsson k800i-ku, aku pun berhasil mengambil beberapa foto dari kupu-kupu kawin tersebut sebelum akhirnya pasangan kupu-kupu kawin tersebut terbang menjauh.

Kupu-kupu Mycalesis perseus merupakan jenis kupu-kupu yang paling sering aku jumpai di sekitar rumah di Jonggol ya. Saat malam hari, kadang aku bisa menemukan lebih dari 2 ekor kupu-kupu ini yang sedang ikut bermalam di rumah. Kadang masuk ke dalam rumah dari depan toko atau dari halaman belakang. Beberapa mungkin akan beruntung dapat melewati malam di rumahku, sementara yang lainnya mungkin akan menjadi mangsa cicak-cicak yang banyak berkeliaran di sekitar dinding rumah.

Kupu-kupu Common Bushbrown (Mycalesis perseus) Kawin 01

Kupu-kupu Common Bushbrown (Mycalesis perseus) Kawin 02
Kupu-kupu Mycalesis perseus sedang kawin di rerumputan yang ada di kebun di Jonggol, Bogor Timur. Kupu-kupu ini bisa mempunyai bentuk yang sedikit berbeda antara bentuk di saat musim kemarau dan bentuk di saat musim hujan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar