30 Mei 2017

Ketika Bapak pucung berebut cewek

adisderIMG_2444-horz

Ketika musim kawin untuk kepik Bapak pucung alias red cotton bug alias Dysdercus cingulatus tiba, dimana masa perkawinan tersebut cuma berlangsung antara 2-6 hari saja, dan kemudian bapak pucung betina akan mulai bertelur dalam 3-8 hari kemudian, ternyata bisa juga terjadi aksi rebutan cewek antar bapak pucung jantan ya.


IMG_2430-tile

Aksi mencoba merebut betina yang sedang kawin itu sempat aku saksikan saat aku sedang berada di rumah kakak iparku di daerah Prambangan, Gresik, Jatim. Saat itu di halaman samping rumah kakak iparku itu terdapat beberapa pohon Pulutan (Urena lobata) yang menjadi tempat tinggal gerombolan bapak pucung yang lumayan jumlahnya.

Suatu ketika, saat sedang asik memperhatikan para bapak pucung yang sedang kawin, tiba-tiba saja, entah darimana datangnya, tau-tau ada bapak pucung jantan yang terus saja mendekati pasangan bapak pucung yang sedang kawin dan kemudian berusaha untuk ikut mengawini sang betina yang saat itu sedang kawin.

Ketika sudah berusaha keras dan tidak berhasil, akhirnya sang bapak pucung pengganggu itupun menyerah dan pergi meninggalkan pasangan bapak pucung yang sedang kawin tersebut.


IMG_2238-tile

Ternyata usaha bapak pucung jantan untuk mencoba kawin dengan betina yang sedang kawin itu sempat aku saksikan beberapa kali ya pada beberapa pasangan bapak pucung yang sedang kawin lainnya. Namun tidak seperti yang terjadi pada belalang Atractomorpha crenulata ya dimana jika ada pasangan belalang yang sedang kawin dan tiba-tiba datang pejantan lain yang mencoba untuk mengawini sang betina yang sedang kawin maka sang jantan pertama akan berusaha untuk mengusir sang pejantan pengganggunya, pada bapak pucung hal tersebut tidak aku lihat ya. Pasangan bapak pucung yang sedang kawin sepertinya tidak merasa terganggu dengan kehadiran sang jantan lain tersebut. Dan memang setelah tidak berhasil untuk ikut kawin dengan sang betina, maka sang jantan penggangu tersebut pun akhirnya pergi dengan sendirinya.

(baca : Perkawinan belalang Atractomorpha crenulata)


IMG_2382-tile

2 komentar: