20 Oktober 2015

ECENG GONDOK pun berbunga

Nama umum (common) water hyacinth
Nama lokal eceng gondok, enceng gondok

Ordo Commelinales
Famili Pontederiaceae
Genus Eichhornia
Spesies Eichhornia crassipes (Mart.) Solms
                         (referensi: https://en.wikipedia.org/wiki/Eichhornia_crassipes)

Pada suatu hari, saat mengajak Daisuki dan Ilyasa bermain ke sebuah rawa yang letaknya tidak terlalu jauh dari rumah Mama di Pasar Rebo (Jakarta Timur), aku menyempatkan diri untuk mengambil beberapa pohon eceng gondok yang saat itu banyak tumbuh di rawa tersebut untuk nantinya aku taruh di kolam yang ada di rumah Mama.

Salah satu dari pohon-pohon eceng gondok tersebut akhirnya aku bawa pulang ke rumah di Jonggol, Bogor Timur. Di rumah, tanaman air eceng gondok tersebut lalu aku taruh di kolam terpal yang ada di halaman belakang yang saat itu sedang terisi oleh banyak ikan gapi (Poecilia reticulata) yang terus berkembang biak. Karena tidak ada yang mengganggu, akhirnya dalam waktu yang relatif singkat, eceng gondok tersebut pun mulai berkembang biak juga.

Pada suatu sore, aku melihat ada bakal bunga yang keluar dari tanaman eceng gondok yang pertama kali aku bawa ke Jonggol. Esok paginya ternyata bunganya pun mulai mekar. Ini bukanlah kali pertama tanaman eceng gondok yang aku tanam berbunga. Beberapa tahun lalu pernah juga ada eceng gondok yang aku taruh dalam akuarium yang kemudian berbunga juga ya.

 

bunga Eceng Gondok (Eichhornia crassipes)
Eceng gondok yang ada dalam kolam terpal ternyata berbunga.

 

bunga Eceng Gondok (Eichhornia crassipes)_2
Cantiknya bunga eceng gondok yang sedang mekar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar